BKG

Wibowo, HendraKrisma (2012) Analisis Tegangan Untuk Estimasi Umur Akibat Beban Fatigue Pada Velg Mobil Jenis Lenso,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Velg merupakan komponen utama sebuah kendaraan yang terus mengalami kemajuan desain, dan banyak mengutamakan estetika . Bahan yang digunakan juga harus memiliki karakter yang kuat dan ringan. Velg terbagi atas singlepieces forging dan multipieces forging . Velg dengan tipikal singlepieces forging biasanya digunakan untuk mengejar fungsi serta karakter yang ringan. Bahan dasar yang di pakai biasanya aluminium. Velg multipieces forging biasanya digunakan untuk kepentingan dress up atau fashion . Biasanya velg kategori ini juga akrab disapa velg custom secara desain. Dalam konteks kerekayasaan, fatigue salah satu jenis kegagalan (patah) pada komponen akibat beban dinamis (pembebanan yang berulang-ulang atau berubah-ubah). Besarnya beban yang menyebabkan terjadinya retak fatigue dalam suatu komponen biasanya jauh lebih kecil dibanding kekuatan statiknya dan bahkan jauh lebih kecil dari tegangan statik yang diijinkan. Penelitian dilakukan menggunakan bantuan software ANSYS WorkBench untuk penggambaran model dan untuk mengestimasi kegagalan akibat fatigue pada velg mobil jenis lenso. Pada pengujian ini diasumsikan beban yang bekerja merata pada bagian bawah velg jenis lenso dengan panjang daerah pembebanan sebesar 15 cm. Cara pengambilan data pada pengujian ini dilakukan dengan cara mengambil contoh titik yang mendapat tegangan maksimum, missal titik n. Maka saat titik n berputar selama 1 siklus, titik n akan mengalami perpindahan sesuai urutan n1-n2-n3-n4-n5-n1 demikian seterusnya. Setelah itu di lakukan pendataan stress time history dari setiap load case pada titik n, mendata hasil rata-rata tegangan, tegangan maksimum, tegangan minium, amplitudo tegangan pada titik n. Di lanjutkan dengan membuat grafik amplitude load history data . Memprediksi kerusakan komulatif menggunakan persamaan Goodman dan S-N diagram. Adanya beban radial sesuai dengan kondisi pembebanan dynamic radial fatigue test akan mempengaruhi pola siklus pembebanan yang terjadi pada velg mobil jenis Lenso. Dalam hal ini, dengan adanya beban kearah radial pada velg Lenso yang berputar akan menyebabkan pembebanan yang berfluktuasi, sehingga velg Lenso akan menerima beban siklik walaupun beban radial yang diberikan merupakan beban konstan. Tegangan terbesar yang diterima velg mobil jenis Lenso terletak pada tumpuan tempat sambungan baut yaitu sebesar 37.319 Mpa, memiliki safety factor sebesar 6.699 dan memiliki umur komponen infinite dikarenakan pada beban siklik yang terjadi, tegangan maksimum (S a ) dan tegangan rata-rata (S m ) yang terjadi masih terlalu kecil sehingga hampir tidak mempengaruhi umur velg Lenso tersebut walaupun terjadi tegangan siklik.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/216/0512001869
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141366
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item