BKG

Syanita, ErlynaTitis (2011) Pengaruh Diameter Pipa Ekor Saluran Gas Buang Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan unjuk kerja motor bensin empat langkah adalah dengan memanfaatkan saluran gas buang pada sistem pembuangan. Hal ini dapat dilakukan dengan memvariasikan diameter pipa ekor pada saluran gas buang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi diameter pipa ekor saluran gas buang terhadap unjuk kerja motor bensin empat langkah. Terdapat 4 variasi diameter pipa ekor yang digunakan pada penelitian ini yaitu, diameter pipa ekor 1 inch ; 1,25 inch ; 1,5 inch ; dan 2 inch. Pengujian dilakukan sebanyak 3 kali pada motor bensin empat langkah, putaran 1500 rpm sampai 2300 rpm dengan kenaikan putaran 200 rpm, dan bukaan throttle tetap sebesar 38%. Berdasarkan data hasil pengujian diperoleh bahwa variasi diameter pipa ekor saluran gas buang berpengaruh terhadap torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar spesifik efektif dan efisiensi termal efektif motor bensin empat langkah. Dan dari pengolahan data diperoleh bahwa torsi rata-rata maksimum sebesar 8,121 kgm, daya efektif rata-rata maksimum sebesar 21,54 PS, konsumsi bahan bakar spesifik efektif rata-rata minimum sebesar 0,302 kg/PS.jam, dan efisiensi termal efektif rata-rata maksimum sebesar 0,195 adalah pada pipa ekor dengan diameter 1 inch. Serta untuk kandungan gas buang, yang memiliki emisi gas CO terendah sebesar 1,778 %vol dan emisi gas HC terendah sebesar 75,867 ppm vol adalah pada pipa ekor dengan diameter 1 inch juga.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/455/ 051104286
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140960
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item