BKG

Putra, AdityaEka (2011) Pengaruh penambahan uap campuran gliserol-ethanol pada intake manifold terhadap kinerja motor bensin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Ketergantungan manusia akan minyak bumi selalu meningkat setiap tahunnya sejak awal abad ke 20. Hal ini terjadi sebagai akibat berkembangnya teknologi khususnya dalam bidang transportasi. Konsumsi bahan bakar tak terbaharui yang selalu meningkat berbanding terbalik dengan ketersediaan minyak bumi dialam. Hal inilah yang menyebabkan keharusan bagi manusia untuk mencari suatu bahan bakar alternatif yang dapat diperbaharui. Oleh karena itu ditahun-tahun belakangan ini banyak negara-negara maju maupun berkembang berlomba lomba menemukan dan memanfaatkan bahan bakar terbarukan. Bahan bakar terbaharui yang berhasil dimanfaatkan pada saat ini salah satunya adalah biodiesel. Dari pembuatan biodisel sendiri dihasilkan suatu limbah berupa gliserol. Semakin meningkatnya produksi biodisel baik tahun-tahun belakangan ini maupun dimasa yang akan datang tentunya juga akan meningkatkan jumlah gliserol yang ada dipasaran. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk memberi nilai tambah bagi gliserol. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:Mengetahui pengaruh penambahan campuran gliserol-etanol pada intake manifold terhadap kinerja motor bensin Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah true experimental research , penelitian ini dilakukan dengan pengamatan secara langsung untuk mengetahui pengaruh variasi persentase debit penambahan campuran ethanol-gliserol berdasarkan fuel consumption motor bensin pada keadaan standart terhadap kinerja mesin. Penelitian ini menggunakan variabel bebas berupa variasi putaran mesin dengan kecepatan 1200 rpm, 1600 rpm, 2000 rpm, 2400 rpm, dan 2800 rpm. Variabel terikatnya adalah Torsi (T), Daya efektif (Ne), Konsumsi bahan bakar spesifik (SFCe), Efisiensi Termal Efektif ( ? e ), Emisi gas CO (%vol), Emisi gas HC (ppm) Hasil penelitian menunjukkan bahwa motor bensin 4 langkah dengan prosentase penambahan debit 5% gliserol-etanol, berdasarkan fuel consumption motor bensin pada keadaan standart, menghasilkan kinerja mesin yang lebih baik daripada motor bensin pada keadaan standart maupun saat penambahan debit gliserol-etanol uap dengan persentase sebesar 2,5 dan 7,5%.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/153/ 051102001
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140689
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item