BKG

Latupapua, LukyHendrikRoberto (2011) Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

MPV ( Multy Purpose Vehicle ) Car dibagi ke dalam 3 segmen yaitu MPV low, mid, dan high . Pembagian segmen ini berdasarkan harga dari masing-masing mobil. Dari 3 segmen ini akan dikeluarkan 3 jenis mobil dan dimasukkan ke dalam segmen tersendiri yang dinamakan segmen Wagon Low . Tiga jenis mobil tersebut yaitu Suzuki APV, Daihatsu Luxio dan Mitsubishi Maven. Peluang pasar pada segmen ini sangat besar dan memiliki potensi untuk bertumbuh. Pada penelitian ini yang akan menjadi fokus utama adalah Daihatsu Luxio dan kompetitor utamanya adalah Suzuki APV. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Astra yang meliputi travel, kendaraan hotel, pameran, dan telemarketing dalam memasarkan produk Daihatsu Luxio dinilai cukup baik namun market share dari Daihatsu Luxio masih kalah dibandingkan dengan Suzuki APV. Oleh karena itu ditambah dengan peluang pasar yang besar maka diperlukan suatu strategi pemasaran Daihatsu Luxio yang dapat meningkatkan pangsa pasar Daihatsu Luxio dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh Daihatsu Luxio serta meminimalkan kelemahan dan ancaman yang dimiliki. Dengan kriteria tersebut maka analisis SWOT adalah metode yang tepat. Analisis SWOT merupakan metode penelitian yang mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan, analisa ini didasarkan pada variabel internal dan eksternal yang didapat dari kuesioner yang nantinya dapat memaksimalkan kekuatan ( strength ) dan peluang ( opportunities ), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan ( weaknesses ) dan ancaman ( threats ). Data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder dari pihak pemasaran PT. Astra International Daihatsu Tbk. – Daihatsu Malang dan data internal perusahaan sedangkan pengolahan data menggunakan metode analisa kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan memberikan 30 butir pertanyaan yang dianggap mewakili variabel strength (kekuatan) , weakness (kelemahan) , opportunity (peluang) dan threats (ancaman) . Untuk memperoleh gambaran posisi produk di pasaran dapat kita lihat di matrik internal eksternal.Sedangkan strategi pemasaran untuk Daihatsu Luxio dapat dilihat pada matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi produk berada pada koordinat 3,582 dan 3,551. Koordinat tersebut terletak pada kuadran I yang mendukung strategi pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal. Dari matrik SWOT dapat kita lihat strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemasaran dan volume penjualan Daihatsu Luxio yaitu meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak bank dan leasing , menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan serta sumber daya perusahaan. Diharapkan den gan strategi yang diterapkan tersebut pangsa pasar Daihatsu Luxio meningkat dan volume penjualan dapat meningkat. Disarankan pada PT Astra International Tbk. – Daihatsu Malang sebaiknya meninjau kembali faktor-faktor yang menjadi kelemahan dari Daihatsu Luxio, maka kedepannya diharapkan kelemahan-kelemahan tersebut dapat berkurang sehingga kepuasan pelanggan dapat meningkat dan tentunya volume penjualan dapat meningkat. Untuk mempertahankan posisi Daihatsu Luxio, PT Astra International Tbk. – Daihatsu Malang hendaknya terus meningkatkan kualitas di segala bidang yang memperngaruhi Daihatsu Luxio dari segi internal maupun eksternal.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/108/ 051101612
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140642
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item