BKG

MahatmaWiroNegoro, (2010) Pengaruh implementasi six sigma terhadap performance perpustakaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Implementasi Six Sigma sangatlah mendukung untuk perbaikan suatu proses, karena menghasilkan suatu pertimbangan yang sangat baik bagi perpustakaan untuk dapat meningkatkan performa pada kualitas pelayanan dan menekan nilai cacat, karena dengan metode Six Sigma terdapat tahapan-tahapan yang dapat menganalisa semua kemungkinan yang terjadi, serta memberikan output yang baik Perpustakaan Pusat Brawijaya merupakan salah satu bagian dari Universitas yang mempunyai peranan sangat vital dalam kemajuan ilmu pengetahuan. Pada bidang pelayanannya perpustakaan pusat Universitas Brawijaya mempunyai suatu prosedur standar kualitas. Pada penelitian di Perpustakaan Pusat Brawijaya ini, selama proses pelayanan terdapat hal-hal tidak sesuai standar. Jika terdapat kurang primanya pelayanan yang tidak sesuai dengan batas toleransi yang diijinkan maka akan menyebabkan waktu pelayanan terbuang sia-sia dan akan terjadi ketidakpuasan pada pelanggan perpustakaan. Untuk mengendalikan kualitas pelayanan seperti yang dihadapi Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya ini maka penulis mencoba mendefinisikan, mengukur, menganalisa, memperbaiki proses pelayanan, dan akhirnya menerapkan suatu mekanisme kontrol dengan menggunakan metode Six Sigma . Pada proses pelayanan di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya biasanya ditemukan masalah masih tingginya variabilitas output pelayanan, variabilitas ini disebabkan oleh proses pelayanan yang mutunya tidak seragam. Hal-hal tersebut yang menyebabkan kualitas pelayanan menjadi kurang memuaskan . Berdasarkan latar belakang tersebut, maka masalah yang dihadapi adalah menganalisa kembali bagaimana bekerjanya proses pelayanan yang telah diterapkan dan setelah itu menerapkan metode Six Sigma , memperoleh hasil, dan akhirnya membandingkan hasil sebelum dan setelah penerapan metode Six Sigma tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan peningkatan kualitas pelayanan sampai kondisi zero defect tercapai dengan penerapan siklus Define, Mesure, Analyze, Improve dan Control (DMAIC). Dalam pengendalian kualitas statistik dibutuhkan media yang dapat digunakan untuk mendukung analisa dalam membuat keputusan yang membantu menentukan apakah proses dalam keadaan stabil dan dapat diprediksi setiap tahapannya. Alat yang digunakan dalam pengendalian kualitas statistik antara lain yaitu diagram sebab akibat , pengambilan sampel , tes kecukupan data , peta kontrol variabel , analisis kapabilitas proses yaitu short term dan long term , dan yang terakhir yaitu alat untuk mengolah data statistik yaitu hardware dan software. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya Malang mulai tanggal 21 Juli 2010 sampai tanggal 12 Agustus 2010, data yang diambil sebanyak tiga sub group , yaitu pada tanggal 23 Juli, 11 Agustus dan 12 Agustus 2010. Tahapan-tahapan pada penelitian ini yaitu survei awal, mengidentifikasi masalah, studi pustaka, menentukan tujuan penelitian, mengumpulkan data, tes kecukupan data, menganalisa, mendapatkan peningkatan nilai sigma , dan terakhir menyimpulkan dan saran-saran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu pada pelayanan peminjaman buku setelah proses improve dilakukan terdapat peningkatan pada tingkat sigma yang didapatkan yaitu pada tingkat 3,81 atau 14.970 cacat per satu

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/468/051002667
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140406
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item