BKG

BimaEurikaHandoko, (2009) Perbaikan Strategi Pemasaran Produk Gudang Garam Surya Signature Berdasarkan Analisis Perilaku Konsumen di PT. Gudang Garam, Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

PT. Gudang Garam, Tbk merupakan perusahaan rokok lokal yang kuat dan produk dari perusahaan rokok ini sangat dikenal masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu produk yang diproduksi oleh PT. Gudang Garam, Tbk adalah Gudang Garam Surya Signature. Produk ini pertama kali diproduksi pada tahun 2002. Gudang Garam Surya Signature merupakan produk pesaing dari beberapa produk rokok asing misalnya Pall Mall, Marlborro, 555 dan berbagai produk lain. Dengan kualitas produk yang tidak berubah produk ini mengalami penurunan beberapa tahun terakhir sejak tahun 2005 sehingga perlu peninjauan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan kembali. Peninjauan strategi manajemen merupakan hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki penjualan produk yang mengalami penurunan. Manfaat manajemen strategi dalam perusahaan adalah memeberikan dasar yang kuat untuk mengambil keputusan terhadap suatu masalah sehingga akan memberi arah yang jelas perusahaan. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan terdapat tiga kemungkinan penyebab penurunan jumlah produksi rokok Gudang Garam Surya Signature tersebut namun dalam hal ini penelitian akan dilakukan hanya pada salah satu faktor penyebab penurunan produksi yaitu faktor perkembangan perilaku konsumen secara internal, maka dalam penelitian ini peninjauan strategi manajemen perusahaan akan dititk beratkan pada perkembangan perilaku konsumen secara internal yaitu faktor motivasi, faktor kepribadian, faktor persepsi, faktor pembelajaran, faktor sikap, faktor komunikasi. Saran untuk perusahaan yang paling utama adalah regenerasi produk Gudang Garam Surya Signature dengan persentase bobot pengaruh 49% untuk mempertahankan konsumen yang setia terhadap produk Gudang Garam Surya Signature dan distribusi yang baik dan merata memiliki persentase 21% sehingga perlu dilakukan dengan untuk dapat merebut konsumen – konsumen potensial yang belum terjangkau.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/606/051000102
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140211
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item