Desain Dan Aplikasi Kendali Logika Fuzzy Pada Mobil Robot Pengikut Garis Berbasis Mikrokontroler.

YandySwandoko (2009) Desain Dan Aplikasi Kendali Logika Fuzzy Pada Mobil Robot Pengikut Garis Berbasis Mikrokontroler. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mobil robot merupakan sistem robot yang memiliki kemampuan untuk memindahkan dirinya sendiri dari satu posisi ke posisi yang lain yang berada pada jarak tertentu. Salah satu jenis mobil robot adalah mobil robot pengikut garis yang berpindah tempat dengan cara mendeteksi jalur garis dan kemudian bergerak mengikuti jalur garis tersebut. Kendala yang dialami dalam pembuatan mobil robot adalah dalam hal pembuatan algoritma pemrograman yang menghasilkan respon yang kurang baik dan dalam hal elektronika terutama pada sensor yang digunakan untuk mendeteksi garis tidak dapat mendeteksi jalur garis dengan baik karena posisi sensor menyimpang dari lintasan sehingga mobil robot tidak dapat bergerak sesuai jalur garis yang telah ditentukan. Metode kendali logika fuzzy sebagai masukan simpangan posisi sensor terhadap jalur selanjutnya diproses untuk mendapatkan nilai duty cyle sinyal PWM untuk mengatur kecepatan motor. Mobil robot pengikut garis dengan kendali fuzzy dapat berjalan dengan baik pada beberapa jenis lintasan yaitu lintasan lurus, lintasan dengan sudut tikungan 30º, sudut tikungan 45º, sudut tikungan 60º, sudut tikungan 90º dan lintasan melengkung dan waktu tempuh pada berbagai jenis lintasan tersebut relatif konstan. Mobil robot pengikut garis dengan kendali fuzzy dalam pergerakannya masih terdapat penyimpangan jalur yang disebabkan karena adanya delay untuk respon motor DC dan sistem transmisi mekanik yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/351/050902656
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2009 09:36
Last Modified: 13 Nov 2009 09:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139938
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item