BKG

SylvieIndahKartikaSari, (2009) Penentuan Strategi Pemasaran sebagai upaya untuk Meningkatkan Market Share dengan Pendekatan Perilaku Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kebutuhan akan minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang saat ini banyak diminati masyarakat. Sehingga banyak produsen pada akhirnya memproduksi minuman isotonik. Salah satunya adalah minuman isotonik dengan brand Mizone yang diproduksi oleh Grup Danone . Namun kehadirannya masih tersaingi oleh minuman isotonik lain yaitu Pocari Sweat yang merupakan market leader dalam bisnis ini. Hadirnya kompetitor pada bisnis minuman isotonik semakin memperketat persaingan memperebutkan pangsa pasar. Bisnis minuman isotonik merupakan bisnis yang cukup memiliki prospek yang baik, maka tidak heran jika banyak sekali kompetitor yang bersaing memperebutkan market share dalam bisnis ini. Minuman isotonik Mizone saat ini berada di urutan winner diantara produk minuman isotonik yang lain. Sehingga untuk menaikkan pangsa pasarnya perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana menentukan strategi pemasarannya berdasarkan pendekatan perilaku konsumen. Metoda yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur variabel-variabel perilaku konsumen dengan mengacu pada marketing mix. Dalam hal ini terdapat 21 variabel yang disebarkan kepada 100 orang responden. Data dari kuesioner setelah diuji reliabilitas dan validitasnya, hanya terdapat 20 variabel saja yang valid dan reliabel. Selanjutnya, dilakukan analisis faktor dengan menggunakan software SPSS 15.0 untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan kompetitif perusahaan. Dari hasil analisis faktor, 20 variabel tersebut mengerucut menjadi empat faktor. Selanjutnya dianalisis menggunakan matrik SWOT untuk mendapatkan alternatif-alternatif strategi pemasaran. Dari alternatif-alternatif strategi pemasaran yang dihasilkan dipilih strategi terbaik yang bisa digunakan oleh perusahaan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kompetitif perusahaan meliputi empat faktor yaitu inovasi produk dan proses, promosi dan distribusi, efektifitas komunikasi, dan brand image . Sementara itu, strategi pemasaran yang dihasilkan setelah diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kompetitif perusahaan adalah strategi market penetration dan strategi product development. nd2

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/347/050902652
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139934
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item