Pengaruh Jarak Rambat, Ketebalan Bahan Dielektrik Mika dan Bentuk Elektroda terhadap Tingkat Arus Bocor.

SantiaHapsari (2009) Pengaruh Jarak Rambat, Ketebalan Bahan Dielektrik Mika dan Bentuk Elektroda terhadap Tingkat Arus Bocor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mika adalah salah satu jenis bahan dielektrik yang berfungsi sebagai isolator. Mika adalah salah satu bahan isolasi mineral yang sangat penting karena memiliki resistansi serta kekuatan mekanik yang tinggi, tahan panas dan tahan terhadap pengaruh uap air di samping mempunyai elastisitas yang baik. Untuk mengisolasi bahan yang bertegangan dengan yang tidak bertegangan, faktor jarak rambat, ketebalan bahan dielektrik serta bentuk elektroda yang digunakan sangat berpengaruh pada arus bocor yang terjadi sehingga pada skripsi ini akan dilakukan pengujian pengaruh beberapa variabel yaitu jarak rambat, ketebalan bahan dielektrik mika dan bentuk elektroda terhadap tingkat arus bocor yang terjadi. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa pada jarak rambat yang sama, peningkatan ketebalan bahan dielektrik mika menghasilkan penurunan arus bocor. Pada ketebalan yang sama, peningkatan jarak rambat menghasilkan penurunan arus bocor. Bentuk elektroda pada bahan dielektrik mika akan mempengaruhi tingkat arus bocor, pada jarak rambat dan ketebalan bahan dielektrik mika yang sama arus bocor terbesar terjadi pada elektroda batang-batang dan arus bocor terkecil terjadi pada elektroda bola-bola.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/262/050901967
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2009 09:24
Last Modified: 28 Jul 2009 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139849
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item