BKG

Jeremiah, Ryan Edbert (2018) Analisis Pengalaman Interaksi Pengguna Terhadap Permainan Catur Sebagai Obyek Augmented Reality menggunakan Game Experience Questionare. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Interaksi antara manusia dan komputer merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sekarang seiring dengan berkembangnya teknologi informasi.Demikian pula halnya dalam perkembangan teknologi informasi yang mendukung interaksi dengan pengguna seperti halnya augmented reality, khususnya dalam penelitian ini adalah permainan catur dengan aplikasi board game. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan permainan catur sebagai obyek augmented reality dengan mempertimbangkan unsur-unsur interaktif untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menganalisis pengalaman pengguna terhadap aplikasi permainan catur yang ditampilkan sebagai obyek augmented reality menggunakan teknik Game Experience Questionare (GEQ). Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dan evaluasi, yang meliputi perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi dan analisis hasil evaluasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dengan jenjang range lima (1,2,3,4,5). Dalam tahapan Game Experience Questionare (GEQ yang digunakan disesuaikan dengan aplikasi game catur dengan teknologi augmented reality yang berpedoman pada GEQ Core Module, dan GEQ Post-Game Module yang sebelum digunakan delah dilakukan validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan catur dengan mempertimbngkan unsur-unsur interaktif berhasil diintegrasikan sebagai obyek augmented reality statis dengan latar belakang pada permainan catur menunjukkan real environment yang ditangkap melalui webcam.

English Abstract

The interaction between human and computer is an integral part in the present life along with the development of information technology. Similarly in the development of information technology that supports the interaction with users as well as augmented reality, especially in this research is a game of chess with game board application. This study aims to integrate the game of chess as an object of augmented reality by considering interactive elements to improve the user experience and analyze the user experience of chess game applications displayed as augmented reality objects using Game Experience Questionare (GEQ) technique. The research method used is the development and evaluation, which includes evaluation planning, evaluation and evaluation results evaluation. The data were collected using questionnaires with Likert scale with range of five (1,2,3,4,5). In the Game Experience Questionare (GEQ game used with chess game application with augmented reality technology based on GEQ Core Module, and GEQ Post-Game Module which before being used has been done by expert validation.The results show that game of chess by conveying the elements interactive successfully integrated as a static augmented reality object with a background on the chess game showing real environment captured via webcam.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/727/051808640
Uncontrolled Keywords: augmented reality,board game,Game Experience Questionare
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.019 Psychological principles / Human-computer interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13959
Text
Ryan Edbert Jeremiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item