Evaluasi Fasilitas Sisi Udara Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Noval (2008) Evaluasi Fasilitas Sisi Udara Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ajumlah penumpang yang menggunakan jasa penerbangan Bandara Ngurah Rai sehingga perlu adanya pengembangan. Tujuan studi ini adalah mengevaluasi fasilitas sisi udara yang meliputi runway , taxiway , dan apron dalam rangka tahap pengembangan tersebut agar dapat memenuhi kebutuhan jasa penerbangan di tahun yang akan datang. Dalam studi ini pesawat rencana adalah Boeing 747-400 untuk penerbangan internasional dan Boeing 737-400 untuk penerbangan domestik. Umur rencana ditentukan 20 tahun. Peramalan penumpang dilakukan dengan metode regresi ganda. Dari hasil peramalan didapat : 1. Penerbangan kedatangan domestik tahun 2027 sejumlah 48 pesawat. 2. Penerbangan keberangkatan domestik tahun 2027 sejumlah 52 pesawat. 3. Penerbangan kedatangan internasional tahun 2027 sejumlah 15 pesawat. 4. Penerbangan keberangkatan internasional tahun 2027 sejumlah 15 pesawat. Perhitungan perencanaan fasilitas sisi udara menggunakan metode FAA. Dari hasil analisis didapatkan bahwa : 1. Panjang runway rencana adalah 3.700 m, lebih panjang dari runway eksisting (3.000 m). Kebutuhan lebar runway adalah 45 m, sama dengan lebar runway eksisting (45 m). Kapasitas runway hasil perencanaan adalah 46 operasi per jam dengan konfigurasi runway tunggal mampu melayani beban lalu lintas jam sibuk sebanyak 20 operasi. 2. Taxiway rencana dengan panjang 148 m, lebar 30 m dan lebar bahu 12 m sama dengan taxiway eksisting. Jumlah taxiway rencana sebanyak 9 buah, lebih banyak dari taxiway eksisting (7 buah). 3. Apron eksisting seluas 214.457 m 2 , sedangkan hasil perhitungan didapat 240.000 m 2 . Pintu apron ( apron-gate ) rencana didapat 25 pintu tipe A untuk penerbangan domestik dan 8 pintu tipe D untuk penerbangan internasional. 4. Tebal perkerasan eksisting adalah 98 cm (area kritis), 67 cm (area nonkritis), dan 48 cm (area transisi). Hasil perhitungan yang didapat lebih kecil dari kondisi eksisting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/654/050803303
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Oct 2008 14:10
Last Modified: 28 Oct 2008 14:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139487
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item