Pengaruh Dimensi Awal Plat terhadap Ketidakrataan Sisi Flange pada Proses Pembengkokan Jogged Flange Denagan Simulasi Komputer.

YoyokPurnomo (2008) Pengaruh Dimensi Awal Plat terhadap Ketidakrataan Sisi Flange pada Proses Pembengkokan Jogged Flange Denagan Simulasi Komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses pembentukan logam banyak digunakan dalam industri otomotif khususnya dalam pembuatan bodi atau rangka kendaraan serta engsel. Kualitas produk yang sempurna baik dari segi kegunaan maupun estetika menjadi tuntutan yang mau tidak mau harus dipenuhi. Selain itu penggunaan material yang kuat namun ringan, tahan korosi dan memiliki kontrol dimensi yang baik menjadi pilihan utama. Selain karakteristik fisik material, ada beberapa faktor lain yang juga berpengaruh terhadap hasil akhir pembentukan, antara lain ketebalan pelat, radius bending , dimensi awal pelat, parameter proses, dan design tool yang digunakan. Dalam mendesain dimensi awal material maupun setting tool untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna, sehingga banyak digunakan bantuan simulasi komputer sebagai prediksi proses untuk lebih menghemat waktu analisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu. Simulasi proses bending bentuk jogged flange dilakukan dengan memvariasikan radius awal plat mulai dari 05 sampai dengan 25 kali gaya bending dan variabel terikat yang di ukur adalah Ketidakrataan pada Sisi Flange . Simulasi dengan software DEFORM memberikan hasil yang valid saat diverifikasi dengan hasil eksperimen dengan rata-rata penyimpangan yang cukup kecil. Dengan menambah radius belokan pelat benda kerja (R 1) pada pemakaian radius (R2) yang tetap, maka tegangan semakin berkurang, laju regangan pada sisi flange akan semakin kecil, laju deformasi pada daerah belokan akan menurun, sehingga mengakibatkan penurunan angka ketidakrataan pada sisi flange. Ketidakrataan ketinggian minimum pada daerah belokan dicapai pada radius R1 = 25 mm dengan dt sebesar 0.222 mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/626/050803275
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Oct 2008 13:19
Last Modified: 27 Oct 2008 13:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139460
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item