Pengembangan Sistem Informasi Pencatatan Inventaris Teknik Elektro Brawijaya Berbasis Web dengan Java.

WellyPurnomo (2008) Pengembangan Sistem Informasi Pencatatan Inventaris Teknik Elektro Brawijaya Berbasis Web dengan Java. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi merupakan salah satu sumberdaya yang sangat berharga serta memegang peranan yang penting dan strategis bagi sebuah organisasi. Pengelolaan informasi secara efektif dapat meningkatkan kinerja organisasi. Jurusan Teknik Elektro Brawijaya memerlukan adanya pencatatan barang-barang inventaris yang dimilikinya yang tersebar di ruangan-ruangan dari beberapa gedung. Sistem Informasi Pencatatan Inventaris yang akan dibangun diharapkan dapat membantu proses pencatatan inventaris di Jurusan Teknik Elektro sehingga informasi barang inventaris dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Pencatatan Inventaris melalui beberapa tahap, yaitu analisis, desain, implementasi dan pengujian. Fase analisis menggunakan bantuan use case diagram dan use case spesification , dan fase desain menggunakan class diagram dan sequence diagram. Sistem Informasi Pencatatan Inventaris ini dibagi menjadi beberapa layer atau lapisan. Pembagian aplikasi menjadi beberapa layer dimaksudkan untuk mempermudah pengembangan aplikasi. Layer - layer tersebut adalah data source layer menggunakan JPA ( Java Persistence API ), business layer , dan presentation layer menggunakan JSP dan Visual JSF dari Netbeans. Sistem Informasi Pencatatan Inventaris adalah aplikasi berbasis web dikembangkan dengan bahasa Java memanfaatkan perangkat-perangkat lunak yang tidak memerlukan biaya lisensi penggunaan, yaitu RDBMS postgresql, Web Server Apache Tomcat, dan lingkungan pengembangan terintegrasi Netbeans. Pengujian aplikasi dilakukan dengan pengujian unit, pengujian integrasi dan pengujian validasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun adalah valid sesuai dengan kebutuhan yang didapat dari hasil analisis kebutuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/429/050802231
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2008 15:53
Last Modified: 14 Aug 2008 15:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139273
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item