Pembuatan Aplikasi Sistem Barcode Berbasis Short Message Service Sebagai Penunjang E-Commerce.

ElvianZulfikarFitriadi (2008) Pembuatan Aplikasi Sistem Barcode Berbasis Short Message Service Sebagai Penunjang E-Commerce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan teknologi SMS ( Short Message Service ) semakin mengalami peningkatan terus menerus seiring dengan pertumbuhan pengguna Telekomunikasi Seluler. Berbagai pihak baik para Vendor pembuat Mobile Device , Provider maupun para operator seluler saat ini berlomba membuat berbagai layanan berbasis SMS untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Banyaknya manfaat dari layanan berbasis SMS inilah yang mendorong penulis untuk mengembangkan sebuah sistem berbasis SMS yang akan diaplikasikan pada sebuah Sistem E-Commerce . Pembuatan Aplikasi Sistem Barcode berbasis SMS merupakan sebuah terobosan baru, yaitu dengan melakukan pengiriman gambar Barcode melalui media SMS kepada pengguna E-Commerce setelah bertransaksi. Barcode tersebut berfungsi sebagai identitas transaksi yang akan digunakan pada proses verifikasi data transaksi. Jenis transaksi E-Commerce yang dapat diapliksikan sangat banyak dan dapat dikembangkan untuk dunia bisnis saat ini yang mengutamakan kecepatan, ketepatan, dan kemudahan. Sistem ini akan memberikan nilai tambah didalam sebuah E-Commerce , proses verifikasi akan berjalan dengan cepat, tepat dan aman. Serta data transaksi akan diintegrasikan dengan sebuah Mobile Device yang mempunyai karakteristik mobilitas tinggi dan realtime . Aplikasi Sistem ini diharapkan dapat menggantikan sistem yang ada, yaitu data transaksi yang diberikan masih berupa karakter biasa dan tidak terintegrasi dengan mobile device , sehingga proses verifikasi data transaksi masih sering terjadi kesalahan karena faktor kesalahan manusia ( human error ) dan kurang terjaminnya keamanan dalam verifikasi keabsahan sebuah identitas transaksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/345/050801836
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Aug 2008 16:28
Last Modified: 07 Aug 2008 16:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139193
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item