Alat Pengirim Data Kualitas Air Tambak Udang Windu Melalui Short Message Service (SMS)

RahmadHidayat (2008) Alat Pengirim Data Kualitas Air Tambak Udang Windu Melalui Short Message Service (SMS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini telah dibuat beberapa pemonitor kualitas air tambak udang untuk membantu petani dalam mengawasi keadaan tambaknya, antara lain alat pemonitor suhu dan salinitas kualitas air tambak udang windu yang dapat diantarmuka dengan PC (Triyono, 2007), alat perekam data kualitas air tambak udang windu yang dapat diantarmuka dengan PC (Dimas, 2007). Tetapi sistem-sistem tersebut masih memiliki kekurangan. Karena untuk mengetahui kondisi air tambak udang, petani harus datang ke tambak atau menghubungkan sistem tersebut ke PC. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan fasilitas Short Message Service (SMS) yang dapat mengirimkan data hasil pengamatan kondisi air tambak udang kepada para petani secara efektif, efisien dan memiliki jangkauan yang luas tetapi dengan harga perangkat yang terjangkau. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini diperlukan hand phone yang berfungsi sebagai pengirim dan penerima SMS. Format data SMS yang digunakan adalah Protocol Data Unit (PDU). Berdasarkan hasil pengujian, alat telah dapat membaca SMS yang diterima dan mengirim SMS secara berkala atau ketika diminta oleh pengguna melalui hand phone. Kata kunci : Short Message Service (SMS), hand phone, Protocol Data Unit (PDU)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/212/050801174
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Apr 2008 14:24
Last Modified: 21 Apr 2008 14:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139066
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item