BKG

AndriFridianto, (2007) Analisis Hubungan Produktivitas dan Kualitas Produksi Terhadap Kinerja Pemasaran Akibat Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Studi kasus PG. Krebet Baru I, Bululawang, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Keterpurukan kinerja industri gula di Indonesia mengakibatkan impor gula meningkat. Hal ini tak terlepas dari faktor harga yang murah bila dibandingkan dengan produk dalam negeri. Efisiensi yang dilakukan perusahaan terhadap biaya perusahaan bisa tercapai apabila mampu merencanakan dan mengendalikan biaya produksi. Dalam perusahaan, sistem manajemen pemeliharaan yang dilakukan sangatlah mempengaruhi besarnya biaya produksi. Salah satu manajemen tersebut adalah Total Productive Maintenance (TPM), yaitu suatu konsep program tentang pemeliharaan yang melibatkan seluruh pekerja melalui aktifitas kelompok-kelompok kecil. PG. Krebet Baru I adalah perusahaan gula dengan sistem manajemen pemeliharaannya mengacu pada TPM. Pelaksanaan Total Productive Maintenance (TPM) tersebut diupayakan secara berkesinambungan sebagai pengembangan manajemen yang ditujukan untuk meningkatkan efektifitas penggunaan keseluruhan peralatan mesin (Overall Equipment Effectiveness/OEE). Berdasarkan hal tersebut maka penulis menganalisis tentang hubungan produktivitas dan kualitas produksi terhadap kinerja pemasaran di PG. Krebet Baru I, yang telah menerapkan TPM sehingga dapat diperoleh korelasi antara implementasi TPM dan kinerja pemasaran dari produktivitas dan kualitas produksi dalam perusahaan. Hasil pengukuran OEE nantinya dijadikan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan dalam manajemen pemeliharaan dan mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan TPM di perusahaan. Kemudian untuk menganalisis hubungan antar variabel tersebut digunakan Struktural Equation Modelling (SEM) aplikasi AMOS 4.01. Dari perhitungan diperoleh nilai OEE tahun 2002 sebesar 50%, tahun 2003 sebesar 56,11%, tahun 2004 sebesar 75,85%, tahun 2005 sebesar 82,01% dan tahun 2006 sebesar 75,81%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara produktivitas dan kinerja pemasaran dengan tingkat hubungan yang lemah dengan nilai korelasi 0,291. Sedangkan hubungan antara kualitas produksi dan kinerja pemasaran ditunjukkan dengan adanya hubungan yang positif dan signifikan dengan tingkat hubungan sangat kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,898.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/482/050702832
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138719
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item