BKG

MasykurBaskoro, (2007) Pengaruh Divergent Swirling Grid Terhadap Unjuk Kerja dan Emisi gas CO Motor Otto Empat Langkah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Terbatasnya energi fosil sebagai energi utama dunia saat ini memaksa kita untuk meningkatkan unjuk kerja dari motor Otto empat langkah yang saat ini merupakan motor penggerak utama sarana transportasi manusia. Banyaknya kendaraan bermotor juga mengakibatkan meningkatnya polusi udara akibat dari bahan-bahan yang berbahaya yang terkandung dalam emisi gas buang motor Otto empat langkah. Salah satu sisa pembakaran motor Otto yang paling berbahaya bagi manusia adalah gas CO karena gas CO akan segera berikatan dengan haemoglobin (Hb) dalam darah sepuluh kali lebih cepat dari kemampuan oksigen (O2) untuk berikatan dengan haemoglobin dalam darah. Jika keadaan ini terjadi maka tubuh manusia akan kekurangan oksigen yang dibutuhkan untuk proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh, bahkan akan menyebabkan kematian bila hal ini berlangsung cukup lama. Salah satu usaha peningkatan unjuk kerja dan menurunkan emisi gas CO motor Otto empat langkah adalah dengan memperbaiki proses pembakaran yang terjadi di ruang silinder. Proses pembakaran yang terbaik akan dicapai apabila proses pencampuran udara dan bahan bakar lebih sempurna. Pemasangan divergent swirling grid pada intake manifold bertujuan untuk memperbaiki proses pencampuran udara dan bahan bakar di intake manifold dan ruang silinder. Pemasangan divergent swirling grid akan meningkatkan turbulensi aliran campuran udara dan bahan bakar, sehingga homogenitasnya juga meningkat dan pembakaran yang terjadi diruang silinder akan berlangsung lebih sempurna. Proses pembakaran yang lebih sempurna dapat meningkatkan unjuk kerja dan menurunkan emisi gas CO motor Otto empat langkah. Pada penelitian ini, sudut swirl yang digunakan adalah 15º, 20º dan 25º dan tanpa pemasangan grid (standar). Putaran yang divariasikan pada penelitian ini adalah 1300 rpm-3300 rpm, dengan interval 500 rpm dan 3 kali pengambilan data untuk setiap intervalnya. Setelah data diolah dan dianalisis, dapat diambil suatu kesimpulan, yaitu pemasangan divergent swirling grid dengan sudut swirl 15º dapat meningkatkan unjuk kerja dan menurunkan emisi gas CO motor Otto empat langkah. Kenaikan kinerja yang dicapai adalah kenaikan torsi sebesar 3,9 %, daya efektif sebesar 3,67 % dan efisiensi termal efektif sebesar 2,04 %, Serta penurunan emisi gas CO sebesar 6,96 % dan SFCe sebesar 1,8 %.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/172/050701180
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138564
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item