Pengaruh Variasi Diameter Disc Bluff Body terhadap Kestabilan Nyala dan Distribusi Temperatur pada Api Difusi Annulus Jet

AkbarBinatharaBachtiar (2007) Pengaruh Variasi Diameter Disc Bluff Body terhadap Kestabilan Nyala dan Distribusi Temperatur pada Api Difusi Annulus Jet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembakaran difusi secara luas digunakan pada sistem pembakaran di industri. Salah satu metode yang digunakan untuk menciptakan turbulensi ialah dengan cara memasang Disc bluff body pada annulus udara. Aliran udara yang terhalang Disc bluff body ini akan membentuk pusaran-pusaran (vortex), sehingga intensitas resirkulasi semakin meningkat, dimana pada kondisi ini pencampuran bahan bakar dan udara semakin homogen, yang berakibat pembakaran lebih sempurna dan kestabilan api yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi diameter Disc bluff body pada annulus udara yang paling optimal sebagai usaha peningkatan kestabilan nyala dan distribusi temperatur api difusi jet. Instalasi penelitian terdiri dari beberapa komponen utama yang meliputi tabung LPG sebagai catu bahan bakar, blower sebagai catu aliran udara aksial, burner sebagai tempat terjadinya reaksi pembakaran dan annulus sebagai saluran untuk mengalirkan udara aksial, serta Disc bluff body diletakan pada ujung pipa bahan bakar dan berada pada burner exit plane. Variabel bebas yang digunakan adalah tanpa pemasangan Disc bluff body, diameter disc 20 mm, 30 mm, dan 40 mm, kecepatan udara aksial divariasikan dari 0 ÷ 0,5 [m.s-1] dan kecepatan aliran bahan bakar juga divariasikan antara 0 ÷ 18 [m.s-1]. Pengambilan data kestabilan diamati secara langsung, kemudian data terjadinya lift off dan blow off dicatat dan diplot dalam grafik kestabilan api. Pengambilan data temperatur dilakukan dengan menggunakan thermocouples yang dikuatkan oleh Operational Amplifier, selanjutnya data diubah dari data analog ke data digital dengan meggunakan Analog to Digital Converter. Pengukuran temperatur hanya dilakukan pada kecepatan aliran bahan bakar konstan yaitu 7,121 [m.s-1]. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar diameter Disc bluff body yang dipasang pada annulus udara mengakibatkan kestabilan nyala pada api difusi annulus jet semakin meningkat dan distribusi temperatur semakin terdistribusi secara merata ke arah horisontal.Daerah kestabilan api difusi terbesar dan distribusi temperatur ke arah horisontal yang paling merata diperoleh pada pemasangan Disc bluff body dengan diameter 40 mm. Dari data temperatur terlihat bahwa fluktuasi temperatur yang paling kecil cenderung terjadi pada tengah api.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/050702394
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Sep 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 13:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138479
[thumbnail of 050702394.pdf]
Preview
Text
050702394.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item