Analisis Sikap Siswa SMP Terhadap Atribut Susu Pasteurisasi Produksi KUD Batu Dan KUD Pujon

Wilujeng, Pratiwi (2016) Analisis Sikap Siswa SMP Terhadap Atribut Susu Pasteurisasi Produksi KUD Batu Dan KUD Pujon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang menempel pada susu pasteurisasi produksi KUD Batu dan KUD Pujon, sehingga keberlanjutan industri susu di KUD tetap mampu bersaing dengan industri susu skala nasional. Tujuan penelitian yaitu: 1) untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut susu pasteurisasi produksi KUD Batu dan KUD Pujon, serta 2) menemukan perbedaan sikap konsumen pada atribut susu pasteurisasi produksi KUD Batu dan KUD Pujon. Pengambilan data dipilih secara sengaja (purposive) di wilayah Batu dan Pujon pada bulan Oktober 2016. Responden ditentukan secara accidental sampling di SMP Negeri Batu dan SMP Negeri Pujon, masing-masing sampel berjumlah 40 untuk susu pasteurisasi produksi KUD Batu dan 40 lagi untuk produksi KUD Pujon, sehingga sampel terkumpul sebanyak 80 responden. Hasil penelitian dan pembahasan dengan analisis Fishbein menunjukkan bahwa skor kepercayaan konsumen terhadap susu pasteurisasi produksi KUD Batu ialah: 1) merek sebesar 35 (0,88), 2) rasa sebesar 52 (1,30), 3) label sebesar 28 x (0,70), 4) harga sebesar 40 (1,00), dan 5) promosi sebesar 15 (0,38). Hasil penelitian dan pembahasan dengan analisis Fishbein menunjukkan bahwa skor kepercayaan konsumen terhadap susu pasteurisasi produksi KUD Pujon ialah: 1) merek sebesar 39 (0,98), 2) rasa sebesar 41 (1,03), 3) label sebesar 42 (1,05), 4) harga sebesar 51 (1,28), dan 5) promosi sebesar 32 (0,82). Hasil penelitian dan pembahasan dengan analisis Fishbein menunjukkan bahwa skor evaluasi konsumen terhadap susu pasteurisasi produksi KUD Batu ialah: 1) merek sebesar 37 (0,93), 2) rasa sebesar 51 (1,28), 3) label sebesar 32 (0,80), 4) harga sebesar 37 (0,93), dan 5) promosi sebesar 22 (0,55). Hasil penelitian dan pembahasan dengan analisis Fishbein menunjukkan bahwa skor evaluasi konsumen terhadap susu pasteurisasi produksi KUD Pujon ialah: 1) merek sebesar 41 (1,03), 2) rasa sebesar 39 (0,98), 3) label sebesar 44 (1,10), 4) harga sebesar 51 (1,28), dan 5) promosi sebesar 37 (0,88). Hasil analisis Fishbein pada sikap konsumen susu pasteurisasi produksi KUD Batu ialah: 1) merek sebesar 0,82; 2) rasa sebesar 1,66; 3) label sebesar 0,56; 4) harga sebesar 0,93; dan 5) promosi sebesar 0,21. Hasil analisis Fishbein pada sikap konsumen susu pasteurisasi produksi KUD Pujon ialah: 1) merek sebesar 1,01; 2) rasa sebesar 1,01; 3) label sebesar 1,16; 4) harga sebesar 1,64; dan 5) promosi sebesar 0,72.Sikap konsumen terhadap susu pasteurisasi produksi KUD Batu dan KUD Pujon yaitu memiliki nilai positif, yaitu 4,18 dan 5,53. Hasil uji Wilcoxon terhadap perbedaan sikap konsumen pada produk susu pasteurisasi KUD Batu dan KUD Pujon menunjukkan bahwa: 1) atribut merek, rasa, label, dan promosi tidak terdapat perbedaan yang signifikan, dan 2) atribut harga pada kedua produk terdapat perbedaan yang xi signifikan. Hal tersebut disebabkan karena terjadinya selisih harga yang tidak wajar. Harga susu pasteurisasi KUD Batu di swalayan mencapai Rp 4.700/buah, sedangkan harga produksi KUD Pujon hanya Rp 2.500/buah, sehingga selisihnya mencapai Rp 2.200/buah. Mahalnya harga susu pasteurisasi di Batu disebabkan karena Batu merupakan kota wisata, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung yang mengakibatkan meningkatnya kebutuhan pasar. Mengingat pentingnya penelitian ini, maka beberapa saran yang harus segera diperbaiki terkait berbagai hal diantaranya: 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut promosi pada susu pasteurisasi produksi KUD Batu dan KUD Pujon merupakan atribut positif paling rendah, sehingga perlu dilakukan kajian promosi untuk meningkatkan nilai jual produk susu pasteurisasi tersebut, 2) Penelitian ini merupakan penelitian yang bermanfaat untuk banyak kalangan, termasuk pelajar, koperasi pelaksana, dan pengamat bisnis persusuan, sehingga diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat ditambahkan beberapa jenis produk susu pasteurisasi yang banyak beredar di kalangan masyarakat pribumi.

English Abstract

The research was conducted in October 2016, the location chosen in Junior High School of Batu and Junior High School of Pujon. The purpose of the study is: 1) determine consumer attitudes of pasteurized milk from KUD Batu and KUD Pujon, and 2) find differences in consumer attitudes of pasteurized milk from KUD Batu and KUD Pujon. Samples were determined by accidental sampling and obtained 80 respondents consumers pasteurized milk. Respondents are divided into 40 consumer pasteurized milk from KUD Batu and 40 costumer pasteurized milk from KUD Pujon. Data were analyzed using analysis Fishbein to determine consumer attitudes and the Wilcoxon test to find differences in consumer attitudes. The Analysis of consumer attitudes Fishbein pasteurized milk production cooperatives Stone is: a) the brand of 0.82; b) a sense of 1.66; c) label of 0.56; d) price of 0.93; and e) the promotion of 0.21. The Fishbein analysis of consumer attitudes on cooperatives in Pujon pasteurized milk production were : a) brand 1,01; b) a sense of 1.01; c) label of 1.16; d) price of 1.64; and e) the promotion of 0.72. Consumer viii attitudes from pasteurized milk cooperatives production of Batu and cooperatives production of Pujon thats has a positive value, each as 4.18 and 5.53; The results of the Wilcoxon test for differences in consumer attitudes in pasteurized milk from KUD Batu and KUD Pujon show thats: 1) the brand, flavor, label, and the promotion is not a significant differences, and 2) the price of both products there is a significant difference, This is because the price difference is not justified.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/1/051700385
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:56
Last Modified: 25 Mar 2024 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138102
[thumbnail of SKRIPSI_PRATIWI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PRATIWI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_SKRIPSI_PRATIWI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_SKRIPSI_PRATIWI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item