Perbandingan Mutu Madu Lebah Apis Mellifera Berdasarkan Kandungan Gula Pereduksi Dan Non Pereduksi Di Kawasan Karet (Hevea Brasiliensis) Dan Rambutan (Nephelium Lappaceum)

Prasetyo, Bayu Andy (2014) Perbandingan Mutu Madu Lebah Apis Mellifera Berdasarkan Kandungan Gula Pereduksi Dan Non Pereduksi Di Kawasan Karet (Hevea Brasiliensis) Dan Rambutan (Nephelium Lappaceum). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di kawasan penggembalaan lebah madu Apis mellifera, untuk penggembalaan di kawasan karet berada di Desa Keling, Kecamatan Sambung Oyot, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sedangkan penggembalaan di kawasan rambutan berada di Desa Koranji, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang dimulai pada tanggal 4 September 2013 sampai tanggal 4 Januari 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan mutu madu lebah Apis mellifera berdasarkan kandungan gula pereduksi dan non pereduksi di kawasan karet dan rambutan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah koloni lebah madu Apis mellifera sebanyak 24 stup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan percobaan lapang dengan 2 perlakuan dan 12 kali ulangan yaitu penggembalaan lebah Apis mellifera di kawasan karet dan penggembalaan lebah Apis mellifera di kawasan rambutan. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan uji t-student tidak berpasangan untuk menguji hipotesis nilai rata-rata suatu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan kawasan penggembalaan lebah madu Apis mellifera berpengaruh (P<0,05) terhadap kandungan gula pereduksi (glukosa) dan berpengaruh (P<0,05) terhadap kandungan gula non pereduksi. Rataan yang diperoleh pada penggembalaan di kawasan karet untuk kandungan gula pereduksi (glukosa) sebesar (66,6 + 0,9)% dan kandungan gula non pereduksi (sukrosa) sebesar (4,50 + 0,6)%, sedangkan untuk penggembalaan di kawasan rambutan untuk kandungan gula pereduksi (glukosa) sebesar (64,5 + 0,7)% dan kandungan gula non pereduksi (sukrosa) sebesar (5,64 + 0,4)%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan kawasan penggembalaan lebah madu Apis mellifera berpengaruh terhadap mutu madu berdasarkan kandungan gula pereduksi (glukosa) dan kandungan gula non pereduksi (sukrosa), dengan hasil mutu madu yang digembalakan di kawasan karet lebih bagus dibandingkan dengan mutu madu yang digembalakan di kawasan rambutan. Saran dari penelitian ini adalah Perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut pada mutu madu lebah Apis mellifera yang dihasilkan pada penggembalaan di kawasan karet dan kawasan rambutan untuk mengetahui kandungan dari beberapa jenis gula pereduksi.

English Abstract

The purpose of experiment was to compare the quality of the honey bee Apis mellifera based on the content of reducing sugars and non reducing in the area of karet and rambutan. The material used for this research was honey bee Apis mellifera colonies by 24 stup. The method used was 2 treatments and 12 replications were Apis mellifera grazing in the area of karet and Apis mellifera grazing in the area of rambutan. The results showed that differences in grazing areas honeybee Apis mellifera effect (P<0,05) the content of reducing sugars (glucose) and an effect (P<0,05) to the non reducing sugar content. The average obtained on grazing in the area of karet for the content of reducing sugar of (66,6 + 0,9) % and the content of non reducing sugar of (4,5 + 0,6) %, whereas for grazing in the area of rambutan for reducing sugar content of (64,5 + 0,7) % and non reducing sugar content of (5,64 + 0,4) %. The result that the quality of honey grazing in the area of karet was better than with honey quality grazing area rambutan. Suggestion from this study is a need for further research on honey bee Apis mellifera quality produced to determine the content of several types of reducing sugars.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/136/051404642
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Aug 2014 09:45
Last Modified: 10 Nov 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137107
[thumbnail of SKRIPSI_PERBANDINGAN_MUTU_MADU_LEBAH_Apis_Mellifera_BERDASARKAN.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PERBANDINGAN_MUTU_MADU_LEBAH_Apis_Mellifera_BERDASARKAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item