BKG

Zagita, Nerissa Arviana (2018) Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Penduduk Menggunakan Metode E-Govqual Dan Ipa (Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan layanan teknologi informasi di pemerintahan (e-government) menjadikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan mengikuti pengembangan dengan memberikan layanan berupa situs web Sistem Informasi Penduduk. Setiap pelayanan masyarakat (orang yang berkepenting) perlu dilakukan evaluasi dengan berkala setiap satu tahun dengan tujuan optimalisasi pada layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian kualitas layanan situs web Sistem Informasi Penduduk Kota Pasuruan menurut pengguna dengan menggunakan dimensi e-govqual serta Importance Performance Analysis (IPA), menentukan atribut-atribut manakah yang menjadi prioritas dalam perbaikan kualitas layanan yang diperoleh dari hasil analisis IPA dan memberikan rekomendasi dari analisis atribut-atribut pada dimensi e-govqual. Data pengguna diperoleh dari penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 43 responden yang akan dijadikan sampel pada penelitian, hasil analisis Importance Performance Analysis pada tingkat kesesuaian bernilai <100% dan nilai tingkat kesenjangan (gap) yang bernilai kurang dari 0 (gap<0) dari setiap dimensi pada e-govqual, yang berarti kinerja dari layanan situs web belum dapat memenuhi tingkat kepentingan dari harapan pengguna. Dari hasil analisis kuadran IPA terdapat 6 atribut merupakan prioritas utama perbaikan serta 6 atribut yang merupakan prioritas rendah perbaikan. Dari dua belas atribut diberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan literatur ataupun teori pada atribut yang membutuhkan perbaikan agar meningkatkan kualitas layanan situs web SIP Kota Pasuruan. Dua belas atribut tersebut yaitu pencarian, pemecahan masalah, ukuran halaman web, informasi yang relevan, kecocokan sistem browser, layanan respon tepat waktu, keterjangkauan akses pengguna, kecepatan dalam memuat, Informasi terupdate, kesopanan pegawai, kecepatan membalas pertanyaan pengguna, pengetahuan pegawai.

English Abstract

Instruction_President number_3 of 2003_about the national policies and strategies for the development of e-government services (e-Government) make The Departement of Population and Civil Registration Pasuruan City follow development by providing services in the form of website Population Information System. Every public service (an interested person) needs to be evaluated on a scale of every year for the purpose of optimizing service. The purpose of this research is to know the assessment of quality of website service of Pasuruan City Population Information System according to user_using dimension of e-govqual and Importance_Performance_Analysis (IPA), determining which attributes become priority in improving service quality obtained from IPA analysis result and giving recommendation from analysis attribute at dimension e-govqual._The user data is derived from the spread of the questionnaire distributed to 43 respondents who will be sampled on the research, the results of the analysis of Importance_Performance_Analysis on the level of conformity_a value <100% and the value of the gap of less than 0 (gap <0) of each dimension in e-govqual, the performance of the website services has not been able to meet the wishes/expectations users. From the results of the IPA quadrant analysis there are 6 atributes is a main priority improvement as well as 6 attributes that constitute a low priority improvement. Of the twelve attributes, there will be a recommendation for improvement based on the literature or theories on the attributes required to improve the quality of website services. These twelve attributes are search, problem solving, web page size, relevant information, browser system compatibility, timely response services, affordability of user access, speed in loading, updated information, employee courtesy, speed of answering user questions, employee knowledge.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/765/051809155
Uncontrolled Keywords: E-Govqual, Importance Performance Analysis (IPA), e-Government
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13710
Text
Nerissa Arviana Zagita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item