Analisa pengaruh Communication Channel melalui iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam pembelian nugget : Studi kasus pada konsumen nugget Fiesta di Giant Hypermart Malang

YuyunRahayu (2010) Analisa pengaruh Communication Channel melalui iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam pembelian nugget : Studi kasus pada konsumen nugget Fiesta di Giant Hypermart Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan merupakan pesan – pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada calon pembeli potensial atas produk barang atau jasa tertentu. Iklan meerupakan salah satu alat promosi yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Manfaat iklan terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen ke masyarakat. Pada umumnya perusahaan lebih menyukai menggunakan iklan sebagai alat promosi mereka karena komunikasi yang disampaikan dalam iklan dapat menjangkau begitu banyak pembeli yang terbesar di berbagai tempat. Banyak media yang dapat digunakan untuk menampilkan iklan. Media yang umumnya dipilih adalah media yang memiliki kemampuan untuk menjangkau jumlah besar pemakai atau pembeli potensial suatu produk dengan suatu pesan yang bersifat persuasive. Televisi memiliki kemampuan yang unik untuk mendemonstrasikan penggunaan produk. Tidak ada media lain yang yang dapat menjangkau konsumen secara serempak melalui indera pendengaran dan penglihatan sekaligus. Calon konsumen dapat melihat dan mendengarkan yang didemonstrasikan, mengidentifikasi para pemakai produk dan juga membayangkan bahwa calon konsumen memakai produk tersebut dan akhirnya menuntunnya untuk melakukan penyikapan atas makna dari pesan – pesan dalam iklan tersebut terhadap relevansi pribadinya yang menimbulkan motivasi dalam dirinya untuk melakukan pembelian. Dipilihnya produk nugget FIESTA karena produk tersebut merupakan produk yang sudah dikenal masyarakat dan penggunaan iklan melalui media televisi yang digunakan untuk promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan iklan melalui media televisi terhadap motivasi konsumen dalam melakukan pembelian nugget FIESTA dan untuk mengetahui faktor dalam iklan yang paling berpengaruh terhadap motivasi konsumen dalam melakukan pembelian nugget FIESTA. Penelitian dilaksanakan di Giant Hypermart Malang pada tanggal 19 April sampai dengan 18 Mei 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Metode pengumpulan data dengan enggunakan kuisioner. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen nugget FIESTA yang saat penelitian berlangsung sedang membeli nugget FIESTA dengan jumlah responden adalah 100 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah motivasi konsumen (Y), isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui 100 orang yang digunakan sebagai responden, berdasarkan jenis kelamin, didominasi paling banyak 82 orang perempuan. Responden berdasarkan umur diketahui paling banyak berumur 30 – 34 tahun, responden berdasarkan pendidikan sebanyak 53 orang dari 100 responden dengan pendidikan terakhir perguruan tinggi (sarjana), berdasarkan pekerjaan sebanyak 37 dari 100 responden bekerja sebagai ibu rumah tangga, 83 orang dari 100 responden memiliki penghasilan per bulan antara Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000. Selain itu diketahui bahwa 34 orang dari 100 responden menyukai program acara hiburan, dan 73 orang dari 100 responden memiliki sikap tetap menonton TV ketika iklan berlangsung, sehingga terdapat kemungkinan responden tersebut menyaksikan iklan nugget FIESTA yang ditayangkan di TV. Dari uji validitas yang diberlakukan terhadap variabel diketahui keempat variabel yang digunakan valid karena mempunyai nilai korelasi yang lebih besar dari 5%. Uji reliabilitas menunjukkan semua variabel yang digunakan dalam penelitian adalah reliabel karena nila alpha lebih besar dari 0,6. Berdasarkan data yang diperoleh melalui kuisioner, diketahui bahwa iklan nugget FIESTA yang ditayangkan di TV berpengaruh positif terhadap motivasi 74 orang atau 74% 100 responden konsumen nugget FIESTA untuk melakukan pembelian nugget. Berdasarkan analisa regresi logistik diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap motivasi konsumen untuk melakukan pembelian nugget FIESTA pada iklan adalah variabel pada struktur pesan yaitu menarik atau tidaknya struktur pesan pada iklan, dengan hasil uji Wald sebesar 9,235. Dari penelitian yang dilakukan, terdapat saran yang bisa diberikan kepada pihak produsen nugget FIESTA atau pembuat iklan nugget FIESTA, yaitu disarankan kepada pihak PT.PrimaFood agar lebih mengintenskan penayangan iklan produk nugget FIESTA di televisi, karena diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan, bahwa communication channel atau saluran komunikasi melalui periklanan pada media televisi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi konsumen dalam melakukan pembelian produk, saran kedua yaitu pihak pembuat iklan atas produk nugget FIESTA, diharapkan untuk selalu berinovasi dalam membuat iklan produk yang akan ditayangkan di televisi, agar iklan produk dapat menarik perhatian konsumen atau pemirsa iklan yang pada akhirnya akan mempengaruhi konsumen atau pemirsa iklan untuk melakukan pembelian produk yang diiklankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/145/051003576
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2010 10:54
Last Modified: 20 Oct 2021 14:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136531
[thumbnail of 051003576.pdf]
Preview
Text
051003576.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item