BKG

Febrianti, Yane Marita (2018) Analisis Sentimen Pada Ulasan “Lazada” Berbahasa Indonesia Menggunakan K-Nearest Neighbor (K-NN) Dengan Perbaikan Kata Menggunakan Jaro Winkler Distance. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perkembangan sebuah teknologi informasi saat ini membawa dampak yang cukup besar terhadap pola hidup masyarakat salah satunya pada daya beli. Saat ini daya beli masyarakat lebih cenderung berbelanja secara online karena dianggap lebih mudah, dan menghemat waktu karena dengan duduk dan memegang smartphone mereka sudah dapat memiliki sesuatu yang diinginkan, namun bagaimana konsumen mengetahui jika barang yang akan dibeli bagus atau sebaliknya. Oleh karena itu muncul adanya suatu ulasan atau komentar pada setiap barang yang dijual. Ulasan pada suatu barang membawa pengaruh yang cukup besar terhadap daya beli konsumen untuk mengetahui kualitas barang tersebut, tidak heran jika sebuah ulasan menjadi salah satu tujuan utama yang dilihat oleh konsumen setelah harga. Namun, tidak semua ulasan yang diberikan konsumen dapat dimengerti oleh konsumen lain dikarenakan penggunaan kata yang disingkat, penggunaan bahasa modern, salah dalam mengetik huruf, dan tidak bakunya kata yang digunakan dalam penulisan ulasan. Dengan latar belakang diatas, peneliti mengusulkan pembuatan sistem Analisis Sentimen Pada Ulasan “Lazada” Berbahasa Indonesia Menggunakan K-Nearest Neighbor (K-NN) Dengan Perbaikan Kata Menggunakan Jaro Winkler Distance. Pengujian berdasarkan nilai precision, recall, dan accuracy pada masing-masing analisis sentimen tanpa perbaikan kata, maupun dengan perbaikan kata. Hasil pengujian dengan nilai accuracy yang baik terdapat pada analisis sentimen dengan perbaikan kata yakni 76 %, dengan nilai precision 0,76, dengan nilai recall yang optimal yaitu 1.

English Abstract

The development of an information technology currently carries a considerable impact against the pattern of life one on purchasing power. The current purchasing power are more likely to shop online because it’s considered easier, it saved time because they sit and they hold their smartphone can already have something desirable, but how does a consumer know if the items to be purchased good or otherwise. Therefore it appears there is a review or comment on any goods sold. Review on items bring considerable influence against the purchasing power of consumers to know the quality of the goods, does not be surprised if a review into one of the main goals being viewed by consumers after the price. However, not all reviews provided the consumers can be understood by other consumers due to use the word is abbreviated, it use modern languages, in typing letters, the researcher proposes the creation of a system Analysis of Sentiment on the Reviews “Lazada” Berbahasa Indonesia Using the K-Nearest Neighbor (K-NN) and Repair Word Using Jaro Winkler Distance. Testing based on the value of precision, recall, and accuracy at each analysis sentiment without repair word, or with repair word. The test result with good accuracy value is present on the analysis sentiment with repair word is 76 %, with value of precision 0,76, and recall optimal 1.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/93/051801015
Uncontrolled Keywords: analisis sentimen, perbaikan kata, K-Nearest Neighbor (K-NN), Jaro Winkler Distance, accuracy, precision, recall analysis of sentiment, repair word, K-Nearest Neighbor (K-NN), Jaro Winkler Distance, accuracy, precision, recall
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.16 Program maintenance
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13590
Text
Yane Marita Febrianti.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item