Analisis Permasalahan Dan MoAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Di Rumah Makan Gule Kepala Ikan Mas “Agus” Kabupaten Kediri del Solusi Keberlanjutan Pendidikan A

DellaRatnasari (2016) Analisis Permasalahan Dan MoAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Di Rumah Makan Gule Kepala Ikan Mas “Agus” Kabupaten Kediri del Solusi Keberlanjutan Pendidikan A. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan usaha kuliner di Indonesia sangat berkembang dengan pesar, dari tahun ke tahun usaha makanan atau restoran terus mengalami peningkatan.peluang pasar di bidang industri makanan seperti rumah makan ini sangat terbuka luas. Fenomena ini menunjukkan persaingan yang semakin ketat antar rumah makan yang berupa persaingan menarik konsumen, memertahankan dan merebut target pasar. Faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi dan bauran pemsaran merupakan atribut yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik rumah makan, karakteristik konsumen di Rumah Makan dan pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi dan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus”. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2016. Metode yang digunakan dalam skripsi adalah metode desktriptif kualitatif dan deskritif kuantittatif dengan jenis dan sumber data primer dan sekunder. Pada metode pengambilan sampel digunakan metode linear time function yang diperoleh 60 responden. Untuk metode pengambilan data didapatkan melalui wawancara, observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode probit dengan varibel dependennya binar y=1 untuk membeli lagi dan y=0 untuk tidak membeli lagi. Hasil uji validitas didapatkan variabel faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), faktor psikologi (X4) dan bauran pemasaran (X5) menunjukkan bahwa hampir semua koefisien korelasi setiap indikator > 0,03 kecuali pada pernyataan kedua pada indikator promosi variabel bauran pemasaran yang nilai koefisien korelasinya < 0,003, dengan demikian item pertanyaan tersebut harus dihilangkan. Hasil uji reliabilitas dari variabel faktor budaya (X1), faktor pribadi (X3), faktor psikologi (X4) dan bauran pemasaran (X5) menunjukkan nilai koefisien Alpha Cronbach > 0,6, maka variabel tersebut lolos uji reliabilitas. Sedangkan pada faktor sosial diperoleh nilai Koefisien Alpha Cronbach < 0,6, maka variabel tersebut tidak lolos uji reliabilitas dan salah satu item pernyataan harus dihapuskan agar data menjadi reliabel. Selain itu data telah lolos uji normalitas sebagi syarat untuk melakukan analisisi regresi probit Hasil analisis regresi probit didapatkan persamaan: Uji koefiisen determinasi didapatkan nilai Pseudo R-Square 46,6%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel bebas (fakto budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi dan bauran pemasaran) dalam menjelaskan varians ddari variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 46.6%. Hasil uji model fitting information diperoleh nilai signifikan 0,004 < derajat signifikan (0,05), hal ini menunjukkan adanya pengaruh secara simultan variabel bebas (budaya, sosial, pribadi, psikologi dan bauran pemasaran) terhedap keputusan pembelian. Hasil uji wald (parsial) diketahui bahwa faktor yang berpengaruh secara nyata terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” adalah bautran pemasaran, sedangkan faktor yang berpengaruh secara tidak nyata adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Dari penerapan hasil model regresi probit diketahui bahwa jika semua konsumen menjawab setuju dan sangat setuju terhadap penerapan bauran pemsaran di Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” maka kemungkinan (probabilitias) konsumen akan membeli lagi di rumah makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” adalah 100%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” berada di Kabupaten Kediri tepatnya di Jalan Airlangga No.29, lokasinya berada di sekitar kawasan pemerintahan Kabupaten Kediri dan jalan utama meuju tempat wisata Simpang Lima Gumul. Kondisi fiisk Rumah Makan masih sangat terjaga dan bersih sehingga konsumen dapat makan dengan nyaman. Produk yang ditawarkan beragam dengan harga yang cukup terjangkau, selain itu pelayanan di Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” sangat baik dimana pelayan cepat tanggap dalam memberikan respon. Untuk promosi harus ditingkatkan seperti dengan menambah papan petunjuk keberadaan rumah makan agar konsumen lebih mudah mencari dan promos dari berbagai sarana media sosial/internet. Berdasarkan hasil karakteristik responden, sebagian besar responden berasal dari Kediri yang rata-rata berjenis kelamin laki-laki dengan usia 21-30 tahun, mayoritas konsumen belum menikah dan memiliki pendapatan dari berbagai golongan pendapatan. Responden sebagian besar mendapatkan informasi dari teman, selain itu responden juga memliki loyalitas yang cukup tinggi terhadap Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus”. Faktor yang secara nyata mempengaruhi keputusan pembelian adalah bauran pemasaran. Sedangkan faktor yang berpengaruh secara tidak nyata terhadap keputusan pembelian yakni faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Namun demikian faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi harus diperhatikan dan ditingkatkan untuk menarik minat konsumen Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” Kabupaten Kediri. Faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi dan bauran pemasaran secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian di Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus”. Saran yang dapat diberikan yakni bagi pengusahan Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” yaitu perlunya mempertahankan serta meningkatkan indikator-indikator yang ada pada bauran pemasaran. Misalnya, mempertahankan penerapan harga yang terjangkau, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan promosi dan mempertahankan pelayanan yang diberikan, selain itu Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” tetap mempertimbankan faktor-faktor perilaku konsumen untuk meningkatkan keputusan pembelian di Rumah Makan tersebut.Bagi peniliti, dapat dijaikan sebagai referensi untuk penelitian lanjutan misalnya membahas analisis bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen dan analisis bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan, dll. Sedangkan bagi pemerintah Kabupaten Kediri khususnya diharapkan memberikan dukungan untuk lebih mengembangankan potenis perkanan khususnya dibidang kuliner atau Rumah Makan agar jumlah konsumen meningkat dan masyarakat lebih menyukai berbagai olahan berbahan dasar ikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/461/051608014
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 04 Oct 2016 11:00
Last Modified: 20 Oct 2021 13:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135168
[thumbnail of 125080401111005_Della_Ratnasari_Artikel_skripsi.pdf]
Preview
Text
125080401111005_Della_Ratnasari_Artikel_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 125080401111005_Della_Ratnasari_Skripsi.pdf]
Preview
Text
125080401111005_Della_Ratnasari_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item