Proses Pembuatan Kerupuk Ikan Tenggiri (Scomberomorus Commerson) Di Ud Afdol, Puger, Jember Jawa Timur

Suriati, Sampir (2015) Proses Pembuatan Kerupuk Ikan Tenggiri (Scomberomorus Commerson) Di Ud Afdol, Puger, Jember Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di UD. Afdol Desa Puger Wetan Kecamatan Pugar Kabupaten Jember, Jawa Timur pada tanggal 9 sampai tanggal 15 Juni 2013. Maksud dari praktek kerja lapang ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan keterampilan tentang proses pembuatan kerupuk Ikan Tenggiri (Scomberomorus commerson) dari bahan mentah menjadi produk dan siap untuk dipasarkan. Sedangkan tujuan dari praktek kerja lapang ini adalah mempelajari proses pembuatan kerupuk Ikan Tenggiri, mengamati dan mempelajari setiap tahap dalam proses pembuatan kerupuk Ikan Tenggiri. Serta sanitasi dan hygine produk, lingkungan serta pekerja, mengetahui kandungan gizi kerupuk Ikan Tenggiri melalui analisa proksimat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan dengan cara pengamatan langsung di UD. Afdol dan berpartisipasi dalam kegiatan pembuatan, wawancara tentang keadaan umum unit usaha, sejarah berdirinya usaha, lokasi dan tata letak usaha, jumlah tenaga kerja, proses pengolahan kerupuk ikan tenggiri serta dengan dokumentasi. Bahan utama dalam pembuatan kerupuk Ikan Tenggiri adalah Ikan Tenggiri 5 kg ; tepung terigu 10 kg; tepung tapioka 100 kg; garam 5 kg; gula pasir 5 kg; bumbu 2 kg dan es batu 6,5 kg. Pada proses pembuatan kerupuk Ikan Tenggiri terdapat beberapa tahapan sebagai berikut: persiapan bahan, penimbangan bahan, pencampuran adonan, pencetakan, pengukusan, pendinginan dan penjemuran gelondongan, pemotongan penjemuran, pengemasan dan pelabelan. Pemasaran produk menjadi hal yang penting bagi pengusaha. Hal ini dikarenakan produk akan banyak dikenal banyak orang. Pemasaran Kerupuk ikan tenggiri masih dilakukan di Kabupaten Jember saja. Proses sanitasi dan hygine di UD. Afdol desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember, Jawa Timur ini sudah melakukan tahapan yang baik. Sebelum memulai semua proses, pekerja selalu mencuci tangan dan memakai baju yang bersih. Penggunaan peralatan juga selalu dibersihkan sebelum dan sesudah pemakaian. Air yang digunakan pada UD. Afdol adalah air sumur yang selalu dijaga kebersihannya. Hasil analisa proksimat kerupuk ikan tenggiri adalah kadar air 3,75 %; kadar abu 2,35 %; kadar lemak 0,92 %; kadar protein 8,17 %; kadar karbohidrat 83,75 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/94/051502734
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Apr 2015 11:30
Last Modified: 19 Oct 2021 22:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134720
[thumbnail of LAPORAN_PKL.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_PKL.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item