BKG

Ekaputri, Natasya (2018) Evaluasi Maturitas Manajemen Layanan Sistem Informasi Learning NSC Application (LENSA) Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Operation (Studi Pada Politeknik NSC Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Politeknik NSC Surabaya merupakan perguruan tinggi swasta di Surabaya yang menyelenggarakan Pendidikan Program Diploma Tiga (D3). Politeknik NSC memberikan beberapa layanan kepada mahasiswa dalam menyelenggarakan dan menunjang kegiatan akademik setiap harinya agar dapat berjalan dengan baik. Layanan yang diberikan salah satunya berupa sistem informasi akademik. Sistem informasi yang telah digunakan secara intensif oleh seluruh mahasiswa ini berupa website yang dapat diakses melalui desktop maupun smartphone. Sistem informasi tersebut bernama LENSA (Learning NSC Application). Beberapa fitur yang dimiliki LENSA adalah kartu rencana studi, kartu hasil studi, absensi, dsb. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, sistem informasi ini belum memiliki standar prosedur dan mekanisme kontrol yang baik dan mengakibatkan beberapa masalah dalam penggunaan sistem, diantaranya adalah ketika terjadi kesalahan pada sistem, penanganan akan menjadi lamban hingga sistem tidak bisa digunakan dalam beberapa waktu. Sehingga perlu dilakukan evaluasi maturitas terhadap sistem untuk mengetahui tingkat kematangan saat ini. Penelitian ini menggunakan framework ITIL dengan domain Service Operation. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kepada Politeknik NSC dari evaluasi yang telah dilakukan. Setelah melakukan wawancara dan observasi, dilakukan penyebaran kuesioner kepada 2 responden yaitu Kepala Divisi ICT dan Direktut Politeknik NSC Surabaya. Kuesioner yang disebarkan berdasarkan kuesioner framework ITIL domain service operation yang dikeluarkan oleh UCISA (Universities and Colleges Information Systems Association) yang merupakan salah satu universitas sistem informasi yang berasal dari Inggris. Kemudian dilakukan analisis maturity level terhadap hasil kuesioner yang telah didapatkan. Hasil analisis nilai maturity level domain service operation adalah 1,87. Pemberian rekomendasi dilakukan untuk meningkatkan nilai kematangan dan mengurangi nilai kesenjangan dari harapan yang diinginkan sehingga dapat memperbaiki manajemen layanan sistem informasi LENSA.

English Abstract

Politeknik NSC Surabaya is a private university in Surabaya that organizes Education Diploma Program Three (D3). Politeknik NSC provides some services to students in organizing and supporting academic activities every day in order to run well. Services provided one of them in the form of academic information system. Information systems that have been used intensively by all students is a website that can be accessed via desktop or smartphone. The information system is called LENSA (Learning NSC Application). Some features of LENSA are study plan cards, study cards, attendance, etc. Based on interviews that have been done, this information system does not have standard procedures and good control mechanisms and cause some problems in the use of the system, such as when there is a system error, the handling will be slow until the system can not be used in some time. So it is necessary to evaluate the maturity of the system to determine the current level of maturity. This research uses ITIL framework with Service Operation domain. The purpose of this study is to provide recommendations to the Politeknik NSC of the evaluations that have been made. After conducting interviews and observations, questionnaires were distributed to 2 respondents, namely Division Head of ICT and Director of Politeknik NSC Surabaya. The questionnaires were distributed based on the ITIL domain service operation framework questionnaire issued by UCISA (Universities and Colleges Information Systems Association) which is one of the UK's information system universities. Then maturity level analysis of the results of the questionnaire has been obtained. The result of maturity level service domain operation value is 1.87. The recommendations are made to increase the value of maturity and reduce the gap value of expected expectations so as to improve the management of LENSA's information system services.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/379/051805860
Uncontrolled Keywords: itsm, itil, service operation, maturity level
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13428
Text
Natasya Ekaputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item