Analisis Pola Pergerakan Arus di Perairan Sekitar Pantai Utara Nusa Penida dengan Menggunakan Software Surface-Water Modelling System (SMS).

Fitria, Silvi (2015) Analisis Pola Pergerakan Arus di Perairan Sekitar Pantai Utara Nusa Penida dengan Menggunakan Software Surface-Water Modelling System (SMS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Nusa Penida merupakan salah satu pulau yang ada di Kabupaten Klungkung, Bali. Jalur yang digunakan menuju kawasan perairan Nusa Penida adalah dengan menggunakan alat transportasi laut yang dapat dicapai melalui pelabuhan – pelabuhan yang ada di Perairan Nusa Penida sebagai jalur keluar masuk kapal. Oleh karena itu, dibutuhkan pengukuran dan pengolahan data arus laut sehingga dapat diketahui pola pergerakan arus di Perairan Nusa Penida. Salah satu cara untuk mengetahui pola pergerakan arus adalah pendekatan model matematik yaitu menggunakan Software Surface-Water Modeling System (SMS) dengan sub model Advanced Circulation Multi-dimensional Hydrodynamic Model (ADCIRC). Model ini merupakan alternatif lain yang lebih murah dan mudah dalam memperoleh gambaran sebaran arus yang terjadi sekarang maupun prediksi di masa yang akan datang. Model yang telah dirancang akan diverifikasi menggunakan data lapangan untuk mengetahui kelayakan dari sebuah model matematis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pola pergerakan arus di Perairan sekitar Pantai Utara Nusa Penida dengan menggunakan software Surface-Water Modelling System (SMS) dan menganalisis perbandingan nilai kecepatan arus hasil simulasi model hidrodinamika SMS dengan hasil observasi lapang. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi permodelan hidrodinamika menggunakan software Surface-Water Modelling System (SMS) untuk mengetahui pola pergerakan arus di Perairan sekitar Pantai Utara Nusa Penida. Inputan pemodelan SMS adalah data kedalaman Perairan Nusa Penida yang diperoleh dari Bakosurtanal sedangkan data pasang surut diperoleh melalui prediksi menggunakan TMD. Selanjutnya data arus hasil permodelan diverifikasi menggunakan data hasil observasi lapang yang dilakukan pada tanggal 19 April 2015. Hasil simulasi model menggunakan software SMS menggambarkan pola pergerakan arus pasut di perairan sekitar Pantai Utara Nusa Penida bergerak menuju ke Barat Daya pada saat pasang dan bergerak menuju Utara dengan nilai kecepatan rata – rata arus pasut sebesar 4.28 cm/s (tahun 2006) dan berkisar antara 1.22 – 1.8 cm/s (tahun 2015) dimana arus yang terjadi cenderung bersifat bolak – balik akibat adanya pengaruh pasang surut yakni bergerak menuju Barat Daya saat pasang dan menuju ke Utara saat surut. Verifikasi data hasil dari model dan observasi lapang pada tahun 2006 dan 2015 diperoleh nilai rata – rata MRE sebesar 17 % dan 9 % sehingga model hidrodinamika SMS efektif digunakan dalam melakukan analisis pola pergerakan arus di suatu perairan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/342/051505055
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Aug 2015 10:33
Last Modified: 20 Oct 2021 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134192
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_SILVI_FITRIA.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_SILVI_FITRIA.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item