Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisata Delta Fishing Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Arifuddin, MJami` (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisata Delta Fishing Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Prasung adalah suatu desa yang terletak di Kecamatan Buduran Sidoarjo yang masuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Daerah ini terletak disebelah utara Kecamatan Buduran, dan letak Desa tersebut dari Kecamatan Buduran berjarak sekitar 3 km. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Delta Fishing pada bulan April 2015. Tujuan dilaksanakannya peneelitian ini adalah untuk mengetahui mempelajari, serta menganalisis tentang: 1. karakteristik wisata: profil, gambaran secara umum Delta Fishing. 2. Karakteristik pengunjung wisata Delta Fishing di kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. 3. Faktor perilaku konsumen terhadap minat berkunjung ke wisata Delta Fishing di kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer meliputi: jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, jumlah kunjungan dan juga sumber informasi. Data sekunder yang diperoleh meliputi: data kependudukan dan letak geografis dan topografis Desa Prasung Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi: Observasi, Wawancara, Kuisioner. Hasil uji statistik yang pertama yaitu Uji Normalitas disimpulkan dengan uji kolmogorov-smirnov bahwa data tersebut berdistribusi normal, yang artinya lolos dari uji normalitas. Hasil dari Uji Multikolinearitas dilihat dari nilai Variance Infation Faktor (VIF) seluruh variable independent lebih dari 10 dan Tolerancenya bernilai lebih dari 0,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga variable independent bebas dari multikolinearitas. Hasil dari Uji Heteroskesdatisitas dilihat dari uji Glejser diketahui tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil dari Uji Autokorelasi dilihat pada Durbin-Watson yaitu 1,729 yang artinya tidak mengalami gejala autokorelasi karena nilai DW >1,65 dan <2,35. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat autokorelasi antara x1 (faktor lingkungan), x2 (faktor individu), x3 (faktor psikologis) dengan Y (minat berkunjung). Hasil analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan Y = 7,414 + 0,292 x1 + 0,175 x2 + 0,360 x3 + e. Dari hasil Uji R (koefisien determinasi) didapatkan hasil R2 sebesar 0,301 atau 30,1% yaitu Variable X ( faktor lingkungan, faktor individu, faktor psikologi ) mempengaruhi Y (minat berkunjung) ke Delta Fishing. Sedangkan sisanya yang sebesar 69,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutkan dalam model regresi ini, namun juga dapat berpengaruh pada perilaku konsumen dalam menentukan minat berkunjung ke Delta Fishing. Hasil Uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (9.464> 2,77) maka variabel independen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen ( faktor lingkungan, faktor individu, faktor psikologis ) artinya hipotesis H0 ditolak dengan kata lain variabel bebas yang terdiri faktor lingkungan (x1), faktor individu (x2) dan faktor psikologis (x3) keseluruhan signifikan (berpengaruh) terhadap minat berkunjung. Hasil dari Uji T diketahui bahwa faktor yang berpengaruh pada penelitian ini yaitu faktor lingkungan dan psikolog, sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan yaitu faktor individu karena Nilai thitung pada variabel individu sebesar 1,606 yang berarti bahwa thitung < ttabel dan tingkat signifikan sebesar 0,114 >0,05 maka H0 diterima, maka secara statistik variabel individu tidak berpengaruh signifikan secara parsial atau sendiri terhadap minat berkunjung. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu Bagi Pengelola: Diharapkan adanya penambahan wahana bermain di wisata Delta Fishing, karena kebanyakan pengunjung memandang Delta Fishing sebagai kebutuhan dan gaya hidup dewasa ini. Faktor psikologis (motivasi dan persepsi) pengunjung pun akan meningkat dengan adanya penambahan wahana bermain. Disarankan untuk memperluas arena lesehan dan memanfaatkan lahan sekitar pemancingan dengan menambahkan payung peneduh, agar kenyamanan pengunjung tetap terjaga. Bagi Peneliti selanjutnya berdasarkan hasil penelitian ,maka disarankan perlu adanya penelitian mengenai minat berkunjung ke wisata, dengan menggunakan faktor-faktor lain diluar penelitian ini, seperti faktor kebudayaan, Sosial dan marketing mix (product, place, price, promotion) dengan menggunakan variabel-variabel tersebut yang diluar dari variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/051600312
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 19 Feb 2016 09:52
Last Modified: 19 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133922
[thumbnail of skripsi_M_Jami'_Arifuddin_(115080400111045).pdf]
Preview
Text
skripsi_M_Jami'_Arifuddin_(115080400111045).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item