Bioassessment Sungai Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur Menggunakan Makroinvertebrata

Gianina, Patra (2013) Bioassessment Sungai Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur Menggunakan Makroinvertebrata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sungai Brantas adalah sungai terpanjang di Jawa Timur (320 km) yang bersumber di lereng bagian barat Gunung Arjuno-Anjasmoro dan bermuara di Selat Madura. Sungai Brantas selain digunakan untuk sumber bahan baku air minum, juga untuk kepentingan pertanian, industri, dan pembuangan limbah domestik (Sudaryanti, 1998). Menurut Buku Data Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Kota Batu (2011), panjang Sungai Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu tahun 2011 adalah 21,5 km. Menurut Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Brantas (2006), luas wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas Kota Batu adalah 92,78 km2, jumlah penduduknya 168.544 jiwa dan kepadatan penduduknya 1.817 jiwa/km2. Banyaknya jumlah penduduk di sekitar Sungai Brantas Hulu Kota Batu ini diduga akan menyebabkan rusaknya ekosistem sungai akibat limbah buangan hasil aktivitas penduduk seperti pemukiman, industri, lahan holtikultura, penambangan pasir dan batu, oleh karena itu diperlukan adanya indikator pengukuran kualitas air yang dapat menunjukkan kondisi dari Sungai Brantas. Pengukuran tidak hanya dengan teknik kimia fisika, tetapi juga secara biologis yaitu dengan makroinvertebrata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi makroinvertebrata dan untuk mengelompokkan habitat makroinvertabrata di Sungai Brantas Hulu. Kegunaan dari penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai sumber informasi keilmuan perairan, sebagai bahan tambahan materi perkuliahan khususnya tentang makroinvertebrata sungai, dan dapat dijadikan sebagai informasi dan rujukan dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pengelolaan sumber daya perairan secara terpadu. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengambilan sampel makroinvertebrata menggunakan metode kicking sejauh 10 meter setiap stasiunnya menggunakan jaring benthos ukuran mata jaring 500 μm. Stasiun pengamatan yang diambil sejumlah 12 stasiun. Analisis data makroinvertebrata menggunakan program komputer yang disebut Two-Way Indicator Species Analysis (TWINSPAN). Makroinvertebrata yang ditemukan di Sungai Brantas bagian Hulu wilayah Kecamatan Bumiaji Batu yaitu 35 Famili anggota dari 10 Ordo (Ephemeroptera, Diptera, Trichoptera, Coleoptera, Plecoptera, Decapoda, Hemiptera, Tricladida, Lepidoptera, Odonta) dan 6 Class (Oligochaeta, Hirudinea, Gastropoda, Polychaeta, Crustacea, Bivalvia). Jumlah taksa terendah yang didapat dalam penelitian ini adalah pada stasiun 7 yaitu sebanyak 8 taksa yang terletak di daerah Selecta desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jumlah taksa tertinggi yang didapat dalam penelitian ini adalah pada stasiun 12 yaitu sebanyak 16 taksa yang terletak di Kali Lanang desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Hasil analisis dengan menggunakan TWINSPAN didapatkan klasifikasi makroinvertebrata di Sungai Brantas bagian Hulu Kecamatan Bumiaji Batu berupa 3 site of group A, B, dan C yang diperoleh dari pengelompokkan 12 stasiun pengamatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2013/192/051308087
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Oct 2013 09:23
Last Modified: 03 Oct 2013 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133204
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item