Pengaruh Suhu, Asam Dan Konsentrasi Garam Yang Berbeda Terhadap Profil Asam Amino Daging Ikan Lele (Clarias Sp.) Yang Terinfeksi Bakteri Edwardsiella Tarda

Saragih, Yan Cristhoper (2018) Pengaruh Suhu, Asam Dan Konsentrasi Garam Yang Berbeda Terhadap Profil Asam Amino Daging Ikan Lele (Clarias Sp.) Yang Terinfeksi Bakteri Edwardsiella Tarda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan lele merupakan ikan yang dapat beradaptasi dengan lingkungan cukup buruk dan pertumbuhannya cukup cepat. Ikan lele memiliki kandungan gizi meliputi protein sebesar 17.7% lemak 4.8%, mineral 1.2, air 76%, dan memiliki asam amino yang lebih tinggi dibanding produk hewani lainnya yaitu leusin dan lisin. Seiring dengan banyaknya budidaya ikan lele dan tingginya permintaan, nilai pada tebar yang tinggi dapat menimbulkan penyakit akibat bakteri, salah satunya adalah bakteri Edwardsiella tarda yang dapat menyerang ikan melalui saluran pencernaan, insang, permukaan tubuh. Bakteri ini dapat mengakibatkan adanya luka-luka hingga nanah pada tubuh ikan lele. Edwardsiella tarda dapat memecah asam amin menjadi senyawa amin. Menurut beberapa penelitian bakteri Edwardsiella tarda dapat dihambat dengan penambahan garam, asam dan suhu yang berbeda. Akan tetapi, penelitian mengenai profil asam amino ikan lele yang terinfeksi bakteri Edwardsiella tarda masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini dilaksanankan pada bulan Maret – Mei 2018 di Laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perikanan Divisi Keamanan Hasil Perikanan Gedung Pascasarjana Lantai 1, Laboratorium Divisi Budidaya Ikan Divisi Penyakit dan Kesehatan Ikan Gedung D Lantai 1 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Serta PT. Saraswanti Indo Genetech (SIG) Bogor. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan dalam 2 tahap kegiatan, yaitu uji pendahuluan dan uji utama. Dengan menggunakan rancangan percobaan RSBL (Rancangan Bujur Sangkar Latin) dengan pola 3x3 menggunakan 3 pengondisian suhu berbeda (0°C, 15°C, dan 30°C), 3 jenis asam berbeda (asam sitrat, asam asetat, asam malat) dan perlakuan 3 konsentrasi garam yang berebeda (0.1%, 1%, 10%), dengan tiga kali ulangan ditambah dua kontrol. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar jenis asam amino didapatkan lebih tinggi dengan penambahan asam, garam dan perbedaan suhu jika dibandingkan dengan daging ikan lele yang terinfeksi bakteri Edwardsiella tarda yang tidak diperlakuan (kontrol positif). Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan ybA atau penambahan asam asetat 5%, penggunaan suhu 15°C dan garam 0.1% dengan nilai total asam amino, kadar protein biuret, dan protein kjeldhal sebesar 21.55%, 3.73%, 20.96%. Sedangkan perlakuan terburuk terdapat pada perlakuan xbC atau penambahan asam asetat 5%, penggunaan suhu 0°C dan penambahan garam 10% dengan nilai total asam amino, kadar protein biuret, dan protein kjeldhal sebesar 15.28%, 4.20%, 17.69%. Disarankan untuk melakukan penelitian dengan menghomogenkan ukuran ikan yang diujikan dan melakukan penelitian mengenai pengaruh penambahan konsentrasi garam, asam dan penggunaan suhu yang berbeda terhadap ikan jenis lain yang terserang bakteri Edwardsiella tarda.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/764/051810671
Uncontrolled Keywords: Ikan Lele, Penyakit, Asam Amino, Bakteri, Edwardsiella Tarda
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.4 Miscellaneous superorders of Actinopterygii > 597.49 Siluriformes (Catfishes)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:23
Last Modified: 30 Nov 2018 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13278
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item