BKG

Wijayadjati, Suryahadi (2017) Keragaman Genetik 10 Plasma Nutfah Padi Lokal (Oryza sativa L.) Berdasarkan Sifat Kuantitatif dan Kualitatif. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Padi atau beras (Oryza sativa L.) makanan pokok di Indonesia. Permintaan terhadap beras oleh konsumen terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Salah satu solusi untuk mengelola plasma nutfah padi dengan melakukan karakterisasi padi lokal untuk dapat mengidentifikasi karakter padi dengan hasil tinggi. Sehingga data karakterisasi tersebut dapat berguna bagi pemulia dalam menghasilkan varietas unggul baru tanpa meninggalkan identitas dan kearifan lokal. Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah untuk melakukan karakterisasi dan menganalisis keragaman genetik pada 10 plasma nutfah padi lokal. Hipotesis yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat nilai heritabilitas yang tinggi pada 10 plasma nutfah padi lokal. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada bulan Februari – Juli 2016 bertempat di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur tepatnya di Desa karangploso, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan tiga ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah 10 plasma nutfah padi lokal (kebo jambi, si kumis, kali badeng, longser, cemani, kapor, sempol, kahayan, pandan wangi, kali kumbo.) dan alat yang digunakan pada penelitian ini yaitu mesin bajak, cangkul, alat tulis, buku panduan karakterisasi, meteran, timbangan, ajir, papan nama, jaring, dan kamera. Sifat kuantitatif yang diamati meliputi : tinggi bibit (cm), jumlah daun perbibit, total anakan tahap bunting, tinggi tanaman tahap matang susu (cm), tinggi tanaman tahap pengisian (cm), tinggi tanaman panen (cm), panen anakan total, panen anakan produktif, panjang malai (cm), total cabang malai sekunder, gabah bernas permalai, gabah hampa permalai, bobot gabah bernas permalai (g), bobot gabah hampa permalai (g), bobot gabah pertanaman (g), bobot 1000 butir (g). Sifat kualitatif yang diamati meliputi : kerebahan batang, menguningnya daun, keluarnya malai, kerontokan, permukaan daun, warna helaian daun. Kemudian analisis data menggunakan analisis ragam, dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) 5% dan perhitungan nilai heritabilitas dalam arti luas. Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil analisis ragam menunjukkan tidak berbeda nyata hanya pada karakter gabah hampa permalai dan bibit gabah hampa permalai. Nilai heritabilitas dalam arti luas yang didapatkan dari 10 plasma nutfah padi lokal pada karakter kuantitatif menujukkan kriteria sedang dan tinggi, sehingga dari hasil nilai heritabilitas arti luas dapat disimpulkan bahwa seleksi efektif untuk dilakukan pada 10 plasma nutfah yang diamati.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/92/051702422
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132185
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item