BKG

khoiriyah, YulitaFirdaNikmawatiIbtida`ul (2017) Analisis Laju Pertumbuhan Tanaman dan Hasil Tanaman Selada Air (Nasturtium officinale R.Br) pada Tingkat dan Jenis Pupuk yang Berbeda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Selada Air (Nasturtium officinale R.Br) adalah sayuran dataran tinggi yang hanya bisa hidup di lahan berair dan tergolong ke dalam family Brassicaceae. Tingginya minat masyarakat pada tanaman selada air, namun jumlah produksi yang dihasilkan belum cukup memenuhi kebutuhan menjadi permasalahan yang dialami oleh masyarakat Indonesia khsusnya di daerah Malang raya. Kendala dalam permasalahan tersebut adalah proses budidaya tanaman yang masih konvensional, budidaya tanpa melakukan perawatan yang intensif seperti penambahan unsur hara pada tanaman dan tempat budidaya tanaman hanya mengandalkan lahan-lahan sawah. Oleh karena itu, upaya membantu mencukupi kebutuhan masyarakat salah satunya meningkatkan produksi tanaman selada air dengan penambahan unsur hara N dan dengan mengoptimalkan lahan selain sawah seperti menggunakan sistem urban farming. Unsur hara N diperlukan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian vegetatif tanaman, seperti daun, batang dan akar. Selain itu, unsur hara N juga berperan penting dalam hal pembentukan hijau daun yang berguna sekali dalam proses fotosintesis. Pemberian nitrogen pada tanaman budidaya dapat dilakukan dengan pemberian pupuk Nitogen seperti Urea dan ZA. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, Sukun Malang pada 28 Juli hingga 8 Desember 2016. Penelitian mengguankaan rancangan acak lengkap (RAL). Penelitian menggunakan dua jenis pupuk nitrogen (Urea dan ZA) dengan empat tingkat dosis pupuk (1 g, 2 g, 3 g, dan 4 g) dan melakukan ulangan sebanyak 3 kali. Variabel pengamatan yang digunakan adalah panjang tanaman, jumlah daun, luas daun, jumlah cabang, panjang akar, bobot segar total tanaman, bobot kering total tanaman, hasil panen dan laju pertumbuhan tanaman. Analisa data menggunakan analisis ragam (ANOVA), apabila terdapat pengaruh nyata maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh nyata antara pemberian pupuk N yang berbeda dengan tingkat dosis pupuk N berbeda. pengaruh tersebut ditunjukkan pada berbagai variabel pengamatan antara lain panjang tanaman, jumlah daun, luas daun, jumlah cabang, panjang akar, bobot segar, hasil panen dan laju pertumbuahan tanaman. Hasil pengamatan setiap varibel menunjukkan terjadinya peningkatan pertumbuhan pada setiap tingkat dosis yang berbeda. Pemberian pupuk ZA dan Urea pada tingkat dosis yang berbeda menunjukkan adanya peningkatan pada tiap dosis level, namun perlakuan dosis 4 g pupuk Urea 50% memiliki hasil lebih baik dibandingkan dengan pemberian 4 g pupuk ZA. Dengan demikian, upaya meningkatkan kebutuhan produksi watercress dengan memanfaatkan lahaan sempit dan untuk mendapatkan hasil yang baik dapat dilakukan pemupukan menggunakan pupuk Urea dengan dosis 4 g.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/119/051702524
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132027
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item