BKG

Yudhistira, Aditya (2016) Pengaruh Promosi Melalui Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Buket Bunga BeeFlorist Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tanaman florikultura di Indonesia khususnya pada tahun 2013 menuju 2014 mengalami peningkatan, untuk tanaman hias krisan mengalami jumlah peningkatan produksi dari 387.208.754 tangkai menjadi 427.248.059 tangkai sedangkan untuk tanaman mawar juga mengalami peningkatan dari 152.066.459 tangkai menjadi 173.077.811 tangkai. Salah satu usaha yang membuat buket bunga adalah BeeFlorist. BeeFlorist sendiri menjual produknya tanpa toko atau kios tetap, BeeFlorist lebih memilih untuk menjual produknya melalui akun Instagram. Para pembeli umumnya mengetahui produk buket bunga melalui informasi yang didapatkan melalui akun Instagram atau akun social media lainnya dan bahkan melalui tag foto-foto produk yang dipasarkan melalui akun Instagram yang diikuti oleh banyak orang. Konsumen dari BeeFlorist diakui telah menyebar ke beberapa wilayah di Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu walaupun produknya hanya dipasarkan melalui social media .Penggunaan social media yang efektif bagi pemberi dan penerima pesan dilihat dari indikator 4C yaitu context, communications, collaboration dan connections Penelitian ini menggunakan metode deskripstif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Guna mengetahui apakah metode estimasi telah memenuhi kriteria ekonometrika, dalam arti tidak terjadi penyimpangan dari asumsi yang harus dipenuhi dalam metode Ordinary Least Square menggunakan uji asumsi klasik. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mendapatkan hasil pengaruh variabel dalam pengoperasian social media (X) terhadap keputusan pembelian (Y) buket bunga pada BeeFlorist wilayah Kota Malang Variabel bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu komunikasi ( ), kolaborasi ( ) dan koneksi ( ). Ketiga variabel tersebut dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama dengan ditunjukkan (18,253 > 2,87) dan Sig F < 5% (0,000 < 0,005). Besarnya pengaruh promosi melalui social media ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar 0,679 menunjukkan bahwa, besarnya pengaruh variabel independen yaitu konteks ( ), komunikasi ( ), kolaborasi ( ) dan koneksi ( ) dengan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) adalah kuat sebesar 67,9%. Sedangkan sisanya sebesar 32,1% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian. Dalam analisis pengaruh bauran promosi dengan media sosial terdapat satu variabel yang tidak mempunyai pengaruh secara signifikan yaitu variabel konteks terhadap keputusan pembelian. Variabel konteks menunjukkan hasil uji t menghasilkan nilai (1,999 > 1, 689) dan nilai sig > 5% (0,053 > 0,005) Variabel bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh dalam keputusan pembelian adalah variabel kolaborasi dengan koefisien regresi yang dimiliki sebesar 0,840 ; nilai (4,114 > 1,689) dan nilai signifikansi < 5% (0,000 < 0,005).

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/899/051612214
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131900
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item