BKG

Arifin, MFarid (2016) Identifikasi Morfologi Pisang Tanduk Di Kabupaten Malang Dan Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pisang Merupakan Komoditas Buah Unggulan Yang Berpotensi Besar Dalam Produksi Berskala Internasional Dan Berkontribusi Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Pisang Merupakan Salah Satu Tanaman Hortikultura Yang Mampu Beradaptasi Di Berbagai Kondisi Daerah Di Indonesia. Saat Ini Pisang Sudah Merupakan Komoditas Unggulan Yang Sudah Memberikan Kontribusi Paling Besar Terhadap Produksi Buah Nasional. Di Indonesia, Terdapat Lebih Dari 200 Kultivar Pisang Yang Tumbuh Di Berbagai Daerah. Namun Hanya Sekitar 18 Jenis Pisang Yang Sudah Teridentifikasi. Salah Satu Jenis Pisang Yang Masih Belum Terindentifikasi Dengan Baik, Yaitu Pisang Tanduk. Adanya Penamaan Lokal Pisang Yang Berbeda Di Tiap Daerah Membuat Identifikasi Pisang Tanduk Perlu Dilakukan Agar Tidak Terjadi Duplikasi Pada Koleksi Plasma Nutfah. Tujuan Dari Penelitian Ini Untuk Mempelajari Dan Mengidentifikasi Secara Morfologi Karakter Pisang Tanduk Di Kabupaten Malang Dan Lumajang. Penelitian Ini Berlangsung Bulan Juli Sampai Dengan Oktober 2015. Alat Yang Digunakan Dalam Penelitian Alat Tulis, Jangka Sorong, Timbangan, Pisau, Kamera Dan Buku Deskriptor Tanaman Pisang Dari Ipgri (International Plant Genetic Resources), Bahan Yang Digunakan Adalah Tanaman Pisang Dari Dua Kabupaten. Metode Penelitian Yang Digunakan Adalah Survei Dan Wawancara, Untuk Mendapatkan Informasi Dan Sekaligus Melakukan Karaterisasi Terhadap Pisang Tanduk. Analisis Data Yang Dilakukan Adalah Dengan Analisis Klaster, Yaitu Perhitungan Derajat Kemiripan Antar Sample Tanaman Menggunakan Bantuan Program Minitab 14 Dan Menghasilkan Dendogram Kemiripan Morfologi. Hasil Eksplorasi Ini Menunjukkan Bahwa Terdapat Enam Jenis Pisang Tanduk Dengan Karakter Morfologi Yang Bervariasi. Karakter Morfologi Yang Menjadi Ciri Pembeda Dari Enam Jenis Pisang Tanduk Adalah Karakter Batang Dan Buah. Berdasarkan Kemiripan Karakter Morfologi, Enam Jenis Pisang Mengelompok Menjadi 2 Kelompok Populasi Pada Kemiripan 76,20% Yaitu Pisang Agung Dan Pisang Candi. Pada Kelompok Pisang Candi Ditemukan Memiliki Dua Jenis, Yaitu Pisang Candi Putih Dan Pisang Candi Merah. Sedangkan Pada Kelompok Pisang Agung, Ditemukan Empat Jenis, Yaitu Pisang Byar Dengan Jumlah Buah Kurang Dari 12 Buah Pertandan, Pisang Byar Dengan Jumlah Buah Lebih Dari 17 Buah Pertandan, Pisang Agung Talun, Dan Pisang Agung Jawa. Pisang Byar Dengan Jumlah Buah Kurang Dari 12 Diberi Memiliki Kemiripan Morfologi 96,88% Dengan Pisang Byar Dengan Jumlah Buah Lebih Dari 17 Buah Per Tandan. Pisang Agung Malang Memiliki Kemiripan Morfologi 100% Dengan Pisang Agung Jawa. Pisang Agung Talun Memiliki Kemiripan Morfologi 84,42% Dengan Pisang Agung Malang Dan Agung Jawa. Pisang Candi Merah Memiliki Kemiripan Morfologi 90,65% Dengan Pisang Candi Putih.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/84/051602730
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131843
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item