BKG

Nurlaila, (2016) Pengaruh Keberadaan Jalur Hijau Terhadap Serapan CO2, Penurunan Suhu Udara dan Tingkat Kenyamanan (Studi Kasus : Jalan Besar Ijen dan Jalan Veteran Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kota Malang merupakan kota terbesar di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Kota Malang tidak lepas dari permasalahan sosial dan lingkungan yang semakin buruk kualitasnya, seperti kemacetan dan ketidak tertibnya lalu lintas, suhu udara yang mulai meningkat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan suhu di Kota Malang yang semakin hari semakin meningkat. Terjadinya peningkatan suhu ini salah satunya disebabkan oleh pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggal di Kota Malang. Meningkatnya jumlah penduduk ini berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan hidup yang mengakibatkan terjadinya perubahan iklim mikro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kemampuan ruang terbuka hijau khususnya jalur hijau jalan dalam menurunkan suhu udara, menyerap CO2, dan tingkat kenyamanan. Hipotesis dari penelitian ini adalah jalan Veteran memiliki kemampuan dalam menyerap CO2, menurunkan suhu udara dan memiliki kondisi kenyamanan yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 minggu yaitu mulai pada bulan Februari – Maret 2016 pada ruang terbuka hijau khususnya pedestarian taman jalur hijau jalan Besar Ijen sepanjang 1000 m dan jalan Veteran sepanjang 1000 m, kota Malang, Jawa Timur. Alat yang digunakan dalam penelitian adalah CO2 meter Lutron GC - 2018, anemometer tipe AM-4201, light meter dan meteran. Sedangkan bahan yang menjadi objek penelitian adalah jalur hijau jalan Besar Ijen dan jalan Veteran. Variabel yang diukur ialah kadar CO2, suhu udara, kecepatan angin, kelembaban udara, intensitas cahaya matahari, THI (thermal humidity index) dan analisis vegetasi(jenis tanaman, jumlah tanaman, dan tinggi tanaman) di jalur hijau jalan Besar Ijen dan jalan Veteran. Kegiatan penelitian ini dilakukan pada 4 plot untuk jalan Veteran yaitu depan gerbang UB, depan Polinema UB, depan gedung Inbis UB dan depan mall Matos sedangkan untuk jalan Besar Ijen juga terbagi menjadi 4 plot yaitu depan Perpustakaan, Taman 1, Taman 2 dan depan Gereja pada waktu 06.00, 09.00, 12.00, 15.00 dan 18.00 WIB. Pengamatan suhu dan CO2 dilakukan 3 kali dalam 1 minggu sedangkan pengamatan kelembaban udara, kecepatan angin dan intensitas radiasi matahari dilakukan 1 minggu sekali. Pengelolaan data pengamatan menggunakan aplikasi microsoft excel untuk dianalisis menggunakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian, jalan Veteran adalah salah satu ruang terbuka hijau khususnya pedestarian jalur hijau jalan yang berlokasi di jantung kota malang dengan luasan 1000 m x 20 m. Jalan Veteran terdiri atas elemen lunak berupa tanaman dan elemen keras berupa kursi, tempat sampah, lampu taman. Selain jalan Veteran yang merupakan jalur hijau jalan yang belokasi di jantung kota malang, kota memiliki jalur hijau lainnya, salah satunya adalah jalan Besar Ijen. Jalan Besar Ijen juga memiliki luasan yang sama yaitu 1000 m x 20 m. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa jalur hijau Jalan Veteran memiliki kemampuan menyerap CO2 lebih baik dibanding di Jalan Besar Ijen, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata CO2 pada pukul 09.00, pukul 12.00 dan pukul 15.00 di Jalan Veteran lebih rendah daripada Jalan Besar Ijen. Jalur hijau Jalan Veteran dan Jalan Besar Ijen memiliki kemampuan menurunkan suhu udara sama , hal tersebut ditunjukkan dengan nilai uji T yang memiliki perbedaan tidak nyata antara suhu udara di Jalan Veteran dan Jalan Besar Ijen pada waktu pengamatan (06.00, 09.00, 12.00, 15.00 dan 18.00). Kondisi kenyamanan di Jalan Veteran terjadi pada pukul 06.00, 09.00, 15.00 dan 18.00 WIB sedangkan kondisi kenyamanan di Jalan Besar Ijen terjadi pada pukul 06.00, 15.00 dan 18.00 WIB. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Jalan Jalur hijau Jalan Veteran memiliki kemampuan menyerap CO2 lebih baik dibanding di Jalan Besar Ijen, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata CO2 pada pukul 09.00, pukul 12.00 dan pukul 15.00 di Jalan Veteran lebih rendah daripada Jalan Besar Ijen. Jalur hijau Jalan Veteran dan Jalan Besar Ijen memiliki kemampuan menurunkan suhu udara sama lebih baik, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai uji T yang memiliki perbedaan tidak nyata antara suhu udara di Jalan Veteran dan Jalan Besar Ijen pada waktu pengamatan (06.00, 09.00, 12.00, 15.00 dan 18.00). Kondisi kenyamanan di Jalan Besar Ijen terjadi pada pukul 06.00, 15.00 dan 18.00 WIB sedangkan kondisi kenyamanan di Jalan Veteran terjadi pada pukul 06.00, 09.00, 15.00 dan 18.00 WIB.

English Abstract

Malang is the largest city in East Java after Surabaya. Malang city can not be separated from social and environmental problems are getting worse quality. Such as unorderly traffic, temperature was increased. This research is motivated by the increasing air temperature in Malang. The increasing air temperature is one of them due to the growing number of people living in the city of Malang. Increasing population has resulted in declining quality of the environment that resulted in a change microclimate. The method used in this research is the method of observation. This study to determine the effect of green line capabilities especially green line decrease air temperatures, absorb CO2, and level of comfort The hypothesis of this study is the Veteran has the ability to absorb CO2 and deacrese the temperature. The research was conducted for 5 weeks starting in February - March 2016 in the green line especially at green line at ijen boluevard along Ijen 1000 m and 1000 m along the Veteran street, Malang, East Java. The tools used in this research they are CO2 meter Lutron GC - 2018, anemometer tipe AM-4201, light meter dan metre. The material used in this research they are green line at ijen boulevard street and veteran street. The variables they are the level of CO2, air temperature, wind speed, humidity, light intensity, THI (thermal humidity index) and analysis of vegetation (plant species, number of plants, and plant height). The work was undertaken on four plots to the veterans that the front gate ub, front Polinema ub, front Inbis ub and front mall matos while on the road Ijen boulevard is also divided into four plots, namely front of the library, garden 1, garden 2 and the front of the church on time 06:00, 09:00, 12:00, 15:00 and 18:00 pm. Observations of temperature and CO2 is done 3 times in one week, while observations humidity, wind speed and solar radiation intensity was performed 1 week once. Analysis data using Microsoft Excel application to be analyzed using T test. The result showed, the Veteran is one of green line, especially green line located in the central of Malang with an area of 1000 m x 20 m. Veteran consists of softscape in the form of plants and hardscape such as chairs, garbage cans, garden lights. Ijen Boulevard also have the same extent of 1000 m x 20 m. Veteran has ability for absorbing CO2 than Ijen Boulevard, this is indicated by value of CO2 at 09.00, 12.00, and 15.00. is lower than Ijen Boulevard. Veteran and Ijen Boulevard has same ability for deacreasing air temperature, this is indicated by value of t test is not significant. The condition of comfort in Veteran happened at 06.00, 09.00, 15.00 and 18.00. The condition of comfort in Ijen Boulevard happened at 06.00, 15.00 and 18.00. The conclusion is Veteran has better ability for absorbing CO2 than Ijen Boulevard. Veteran and Ijen has same ability for deacreasing air temperature. The The condition of comfort in Veteran happened at 06.00, 09.00, 15.00 and 18.00. The condition of comfort in Ijen Boulevard happened at 06.00, 15.00 and 18.00.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/787/051610666
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131785
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item