BKG

Dewantri, MarshellaYashinta (2015) Respon Pemberian Pupuk NPK dan Monosodium Glutamat (MSG) Terhadap Pembungaan Tanaman Rombusa Mini (Tabernaemontana corymbosa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tanaman hias mempunyai daya tarik yang sangat tinggi di kalangan masyarakat khususnya sebagai penghias taman rumah maupun taman kota. Banyaknya muncul varietas tanaman baru dan memiliki nilai estetika tinggi mengakibatkan penurunan minat masyarakat terhadap varietas tanaman hias yang telah ada sebelumnya. Tanaman hias rombusa mini merupakan tanaman yang tahan terhadap kekeringan sehingga banyak digunakan sebagai tanaman hias pada taman-taman kota. Nilai estetika tinggi yang dimiliki oleh tanaman hias rombusa mini menyebabkan banyak permintaan terhadap tanaman ini. Meskipun banyak diminati oleh masyarakat terdapat permasalahan yang timbul dari budidaya tanaman hias rombusa mini yaitu tanaman yang memiliki jangka waktu berbunga cukup lama antara 1 sampai 2 tahun serta jarang berbunga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pemberian pupuk NPK dan Monosodium Glutamat (MSG) terhadap pembungaan tanaman hias rombusa mini. Penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan Juni sampai dengan akhir bulan Juli 2015 di Jalan Besuki Dusun Selorejo, Desa Surat, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama adalah penggunaan pupuk majemuk NPK dengan 3 taraf percobaan yaitu N0 : penambahan NPK 0 gram , N1 : penambahan NPK 1,5 gram dan N2 : penambahan NPK 3 gram. Faktor kedua adalah penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) dengan 3 taraf percobaan V0 : penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) 0 ppm, V1 : penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) 3000 ppm, dan V2 : penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) 6000 ppm. Diperoleh 9 kombinasi perlakuan, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga didapatkan 27 petak percobaan. Setiap petak percobaan terdiri dari 6 tanaman, 3 tanaman diantaranya adalah tanaman sampel. Pengamatan percobaan yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai/tanaman), luas daun (cm2/tanaman), jumlah cabang (cabang) dan jumlah kuncup bunga (kuncup/tanaman). Data yang diperoleh dari hasil pengamatan selanjutnya diuji dengan analisis ragam (uji F) dengan taraf 5 % untuk mengetahui adanya pengaruh pada setiap perlakuan. Jika terdapat pengaruh pada kombinasi perlakuan maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf 5 % untuk mengetahui tingkat perbedaan antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara perlakuan Pupuk NPK dan Monosodium Glutamat (MSG) terhadap tinggi tanaman dan jumlah kuncup bunga tanaman Rombusa mini (Tabernaemontana corymbosa). MSG 6 g per ℓ (6000 ppm) dapat digunakan sebagai pengganti NPK 1,5 g per tanaman per 2 minggu dengan peningkatan jumlah kuncup bunga sebesar 54 % dibandingkan tanpa pupuk.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/982/051602634
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131037
Text
COVER_-_DAFTAR_ISI.pdf

Download | Preview
Text
BAB_I.pdf

Download | Preview
Text
BAB_II.pdf

Download | Preview
Text
BAB_III.pdf

Download | Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download | Preview
Text
BAB_V.pdf

Download | Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item