BKG

Tanto, TioDwi (2015) Kajian Efektifitas Pemberian Beberapa Jenis Bahan Organik Terhadap Kemantapan Agregat di Kebun Jeruk Manis (Citrus sinensis Osb). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kualitas tanah dan keberlanjutan produksi pertanian baik tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan ditentukan oleh kecukupan kandungan hara dan bahan organik tanah yang diberikan. Peningkatan produksi jeruk sendiri dapat dilakukan melalui cara intensifikasi dan ekstensifikasi pada lahan tersebut. Meningkatkan produktivitas tanaman persatuan luas tanpa memperhatikan pengelolaan lahan yang benar akan menyebabkan degradasi lahan. Penggunaan bahan organik berupa (pupuk kandang sapi, pupuk kandang kambing, pupuk kandang kambing + sekam padi) ini diharapkan dalam jangka waktu panjang dapat memperbaiki sifat-sifat fisika tanah khususnya untuk memperbaiki kemantapan agregat tanah di kebun jeruk manis (Citrus sinensis Osb). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kandungan bahan organik tanah pada pemberian beberapa jenis pupuk organik di perkebunan jeruk manis (Citrus sinensis Osb), (2) Membandingkan pengaruh pemberian beberapa jenis bahan organik (a) pupuk kandang kambing+sekam padi (b) pupuk kandang kambing (c) pupuk kandang sapi terhadap kemantapan agregat tanah di perkebunan jeruk manis (Citrus sinensis Osb) Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik survey yang dilaksanakan di Kebun Jeruk Manis (Citrus sinensis Osb) milik petani yang ada di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Untuk pengamatan ini dilakukan pemilihan kondisi pohon yang kurang lebih seragam. Pengambilan contoh tanah dilakukan pada tiga kedalaman tanah yaitu 0-10 cm, 10-20 cm, dan 20-30 cm dengan pengulangan pengambilan contoh tanah sebanyak 3 kali pada plot penelitian. Pengambilan contoh tanah diambil pada plot dengan pemberian bahan organik sebanyak ± 15kg setiap pohon dan aplikasinya bahan organik disebar dipermukaan. Variabel penelitian yang diukur adalah tekstur tanah, berat isi tanah (BI), berat jenis tanah (BJ), porositas tanah, kemantapan agregat tanah dan kadar bahan organik tanah. Hasil dari penelitian menunjukkan Tekstur tanah pada lokasi percobaan termasuk ke dalam lempung berdebu, lempung berliat dan lempung liat berdebu. Pemberian bahan organik berupa (sekam padi+pupuk kandang kambing, pupuk kandang kambing) berpengaruh pada kadar bahan organik tanah pada kedalaman 0-10 cm lebih tinggi dibandingkan dengan pupuk kandang sapi dan tanpa pemberian bahan organik. Pemberian bahan organik mengakibatkan berat isi tanah pada kedalaman 0-20 cm mengalami penurunan. Pemberian bahan organik meningkatkan porositas tanah dibandingkan dengan tanpa pemberian bahan organik. Rata-rata kemantapan agregat tanah paling tinggi terdapat plot pupuk sekam padi + pupuk kandang kambing (3,71 mm), sedangkan kemantapan agregat terendah terdapat pada plot tanpa bahan organik (2,72 mm). Pemberian bahan organik berupa pupuk sekam padi+pupuk kandang kambing dapat meningkatkan kemantapan agregat pada kedalaman 0-20 cm antar perlakuan. Pemberian bahan organik jangka panjang dapat meningkatkan kemantapan agregat.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/627/051507620
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130653
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item