BKG

Febriansyah, Bramdita (2015) Karakterisasi Lahan pada Berbagai Tingkat Produksi Pisang Mas Kirana untuk Evaluasi Kesesuaian Lahan Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kabupaten Lumajang dikenal sebagai sentra buah pisang. Berbagai hasil produk pisang banyak ditemui di pasaran. Dari beberapa jenis pisang yang ada, Pisang Mas Kirana merupakan varietas pisang yang menjadi sorotan utama nasional bahkan Internasional karena Pisang Mas Kirana mempunyai rasa yang enak dan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman Pisang Mas Kirana adalah tanaman yang masih belum mempunyai kriteria kesesuaian lahan. penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengevaluasi karakteristik lahan di Kabupaten Lumajang untuk memperoleh nilai potensi lahan untuk pengembangan komoditas. Hasil evaluasi kesesuaian lahan bermanfaat untuk perencanaan penggunaan lahan yang rasional, maka lahan dapat diolah secara optimal dan terjaga kelestariannya. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Sampel tanah dan data tanaman diambil dari tiga Kecamatan yaitu, Kecamatan Senduro, Pasrujambe dan Gucialit. Karakteristik lahan yang diteliti adalah Temperatur (tc), Ketersediaan air (wa), Ketersediaan oksigen (oa), Media perakaran (rc), Retensi hara (nr), Bahaya erosi (eh), Bahaya banjir (fh), Penyiapan lahan (lp). Sampel tanah yang diambil lalu di analisis di Laboratorium Kimia Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Data yag telah dianalisis lalu dikorelasikan untuk memperoleh karakteristik yang paling berpengaruh pada setiap satuan produksi dilanjutkan dengan regresi untuk mengetahui pergeseran kurva untuk menentukan nilai karakteristik baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua karakteristik kesesuaian lahan Pisang Mas (Musa acuminata) dari Djaenuddin (2003) dapat digunakan untuk mengevaluasi tanaman Pisang Mas Kirana. Karakteristik kesesuaian lahan baru yang telah disusun baru adalah karakteristik temperatur (tc), elevasi (tc), kejenuhan basa (nr), dan pH (nr). Setelah diketahui karakteristik baru untuk tanaman Pisang Mas Kirana disusun kelas kesesuaian lahan mulai dari S1, S2, S3 dan N pada setiap karakteristik lahan baru.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/620/051507613
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130646
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item