Dinamika Populasi Ikan Lemadang (Coryphaena Hippurus) Yang Didaratkan Di Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Dan Pengolahan Sumberdaya Kelautan Dan Perikanan (Upt P2skp) Pondokdadap, Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawatimur

Wicaksono, Satrio (2018) Dinamika Populasi Ikan Lemadang (Coryphaena Hippurus) Yang Didaratkan Di Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Dan Pengolahan Sumberdaya Kelautan Dan Perikanan (Upt P2skp) Pondokdadap, Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawatimur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan lemadang (Coryphaena hippurus) merupakan salah satu jenis ikan pelagis yang hidup di lepas pantai atau tengah laut. Ikan lemadang hidup di lepas pantai atau tengah laut. Ikan lemadang hidup di perairan tropis dan beberapa laut sub tropis. Ikan lemadang merupakan salah satu ikan yang memiliki harga yang cukup mahal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek biologi dan aspek dinamika populasi ikan lemadang (Coryphaena hippurus) yang didaratkan di Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan dan Pengelola Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (UPT P2SKP) Pondokdadap Sendang Biru, Kabupaten Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan software aplikasi FISAT II (FAO ICLARM ASSESMENT TOOLS) untuk menganalisis data dan pengoreksian data yang diperoleh dilakukan dengan menggunakan software Microsoft Excel. Menurut Rori (2013), metode deskriptif analitik yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk memberikan suatu gambaran keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti berdasarkan fakta-fakta yang ada, dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis berbagai macam data sehingga didapatkan suatu kesimpulan. Hasil parameter biologi yang didapatkan adalah bahwa hubungan panjang berat ikan lemadang (Coryphaena hippurus) secara keseluruhan bersifat allometrik negatif.. Parameter dinamika populasi diperoleh hasil L∞ = 131 cm, K = 0.51 per tahun, to = - 0,6713 tahun. Nilai Y/R adalah 0.04 per tahun dan nilai B/R adalah 0.45 per tahun. Hal ini menunjukkan tingkat pemanfaatan ikan Lemadang (Coryphaena hippurus) dengan alat tangkap troll line pada UPT P2SKP Sendang Biru tidak melibihi MSY (Maximum Sistainable Yield) dan stok biomassa pada lokasi ini semakin sedikit. Nilai Lc = 86.05 cm, mortalitas total (Z) = 1.50 pertahun, mortalitas penangkapan (F) = 0.74 per tahun dan mortalitas alami (M) = 0.77 per tahun. Laju eksploitasi (E) = 0.49 per tahun yang menunjukkan bahwa status pemanfaatan ikan lemadang (Coryphaena hippurus) pada lokasi ini adalah kurang dari MSY. Tingkat pemanfaatan ikan lemadang di UPT P2SKP Sendang biru masih di bawah MSY dan stok biomass yang tersisa semakin sedikit. Pengurangan upaya penangkapan sangat disarankan untuk menjaga keberlanjutan sumberdaya ikan lemadang (Coryphaena Hipuurus). Diharapkan pula adanya penelitian lebih lanjut tentang dinamika populasi ikan spesies lain agar sumberdaya perikanan pada lokasi ini dapat dikelola secara baik.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/622/051806408
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.7 Perciformes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:22
Last Modified: 24 Oct 2018 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13020
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item