BKG

Pradana, Jeffry Christian Andi (2018) Analisis Kandungan Logam Berat Cu Dan Fe Pada Sedimen Di Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pencemaran logam berat disuatu lingkungan merupakan masalah yang serius untuk ditangani, karena bisa merusak lingkungan dan ekosistem. Logam berat itu sendiri bisa mencemari udara, air, tanah, tumbuhan, hewan dan manusia. Logam berat terdapat di perairan baik secara alamiah maupun dari dampak aktivitas manusia dan biasanya bersifat racun terhadap makhluk hidup, meskipun demikian beberapa diantaranya diperlukan dalam jumlah yang kecil. Pesisir Pantai Pulau Merah merupakan daerah pembuangan terakhir dari Sungai Tumpang Pitu, dimana beberapa jenis sumber pencemar diantaranya limbah domestik, limbah industri, dan limbah pertanian dimana limbah tersebut diduga mengandung logam berat Cu dan Fe. Hal tersebut bisa menyebabkan peningkatan tekanan lingkungan di wilayah tersebut yang disebabkan oleh logam berat dan berbagai aktivitas di Kawasan Pantai Pulau Merah yang bisa meningkatkan toksisitas logam berat. Tujuan penelitian ini diantaranya (1) mengetahui konsentrasi logam berat Cu dan Fe pada sedimen di Pantai Pulau Merah dan (2) menganalisis tingkat pencemaran logam berat Cu dan Fe dengan menggunakan indeks pencemaran pada sedimen di Pantai Pulau Merah. Proses pengambilan sampel sedimen dilakukan pada tanggal 20 - 21 Juli 2017, selanjutnya Analisa fraksi sedimen menggunakan metode ayak kering (shieve shaker) dan Analisa konsentrasi logam berat Cu dan Fe dengan menggunakan Flame Atomatic Absorption Spectrophotometer (FAAS). Metode analisis data menggunakan Analisis deskriptif, korelasi pearson, dan indeks pencemaran logam berat berupa Faktor Kontaminasi (CF), Faktor Pengkayaan (EF), Indeks Geoakumulasi (I-geo) dan Indeks Beban Pencemaran (PLI). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan fraksi sedimen di Pantai Pulau Merah secara keseluruhan didominasi oleh fraksi sedimen pasir halus dan pasir sedang. Pada penelitian ini memiliki konsentrasi logam berat Fe pada sedimen jauh lebih tinggi dari pada logam berat Cu. konsentrasi logam berat Cu dan Fe yang berbeda tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan seperti jenis ukuran fraksi sedimen, salinitas, pH, DO dan pH sedimen. Berdasarkan tingkat pencemaran indeks diantaranya faktor pengkayaan (EF) menunjukkan konsentrasi logam berat Cu dan Fe masuk kedalam kategori pengkayaan sedang (EF 2-5) yang diduga berasal dari aktivitas di daratan, sedangkan untuk perhitungan indeks CF, I-geo dan PLI untuk konsentrasi logam berat Cu dan Fe masuk kedalam kategori tidak tercemar dikarenakan nilainya (< 1). Berdasarkan perhitungan indeks tidak menunjukan bahwa perairan tersebut tidak tercemar, meskipun demikian tidak boleh diabaikan begitu saja dan perlu diperhatikan lebih lanjut, kerena tingginya aktivitas di Pantai Pulau Merah semakin lama akan bisa menyebabkan tinnginya akumulasi logam berat Cu dan Fe di daerah penelitian ini.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: skr/fpr/2018/578/051806363
Uncontrolled Keywords: Polusi Air, Logam Berat Cu, Logam Berat Fe, Sedimen
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.627 Water Pollution (Effect on natural ecology)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12967
Text
Jeffry Christian Andi Pradana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item