BKG

Putra, BayuPermana (2014) Vegetasi Sebagai Pereduksi CO2 Udara Ambien di Tepi Jalan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Udara ambien adalah udara bebas dipermukaan bumi pada lapisan troposfir yang berada di dalam wilayah yurisdiksi Republik Indonesia yang dibutuhkan dan mempengaruhi kesehatan manusia, makhluk hidup dan unsur lingkungan hidup lainnya (PP No. 41 Tahun 1999). Jalan raya merupakan suatu landasan yang bertujuan untuk melewatkan lalu lintas dari suatu tempat ke tempat yang lain. Untuk itu jalan raya harus dibuat dengan aman, cepat, tepat, nyaman,efisien dan ekonomis. Jalan raya Soekarno - Hatta Malang memiliki tingkat kepadatan kendaraan yang termasuk tinggi, karena menjadi akses menuju tempat tempat vital di kota Malang, diantaranya akses menuju Universitas Brawijaya dan Politeknik Negeri Malang. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang tidak bisa mengendalikan pertumbuhan kendaraan di Kota Malang. Setiap tahunnya kendaraan bermotor meningkat sampai 13 persen. Pertumbuhan ini terdiri dari 10 persen peningkatan motor, dan mobil meningkat sampai 3 persen per tahun. Pertambahan jumlah kendaraan memicu meningkatnya emisi kendaraan yang berada di sekitar jalan Soekarno - Hatta Malang, yang berbanding lurus dengan jumlah kendaraan yang semakin meningkat. Peningkatan jumlah emisi kendaraan di udara sehingga dapat meningkatkan suhu udara di jalan Soekarno - Hatta Malang. Vegetasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi pertambahan CO2 di udara, kemampuan vegetasi dalam menyerap CO2 diharapkan bisa memperbaiki kualitas udara di sekitar jalan Soekarno - Hatta Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran vegetasi dalam menurunkan konsentrasi CO2 Udara Ambien di jalan Soekarno - Hatta Malang. Penelitian dilakukan di jalan Soekarno - Hatta Malang, Jawa Timur, Indonesia 85 KM dari Kota Surabaya, penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2013 sampai September 2013. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah : alat tulis, kamera Canon eos 600 D digital SLR, CO2 meter Lutron GC – 2018, Anemometer Lutron AM-4201, meteran dan counter. Sedangkan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah vegetasi, CO2, suhu dan kendaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengamatan langsung dengan menggunakan metode observasi. Hasil pengamatan di jalan Soekarno - Hatta yang dibagi menjadi 5 lokasi studi diperoleh 18 jenis pohon peneduh. 66 % memiliki tekstur kasar, 22 % dengan tekstur sedang, 5 % bertektur halus. Sedangkan dari bentuk tajuk round atau bulat mendominasi dengan nilai 33 %, Oval 5 %, Round weeping 11 %, V shape 33 %, Globular 5 %. Kerapatan masing masing pohon, didominasi pohon bertajuk rendah (<35%) mencapai 50 %, Kerapatan tajuk sedang 33 %, Kerapatan tajuk tinggi 16 %. 9 jenis semak. 89 % memiliki tekstur kasar, 0 % dengan tekstur sedang, 11 % bertektur halus. Sedangkan dari bentuk tajuk mounded to flat mendominasi dengan nilai 66 %, Oval 11 %, Columnar 11 %, V – Shape 11 %. 5 jenis Ground Cover. 0 % memiliki tekstur kasar, 20 % dengan tekstur sedang, 80 % bertektur halus. Sedangkan dari bentuk tajuk flat 40 %, V – Shape 40 %, Upright 20 %. Kondisi CO2 udara ambien tertinggi terjadi pada pukul 16.00 (410,11 ppm), suhu udara tertinggi pada pukul 12.00 (30,58 oC), kelembaban tertinggi pada pukul 07.00 (78,46 %) dan kecepatan angin tertinggi pada pukul 16.00 (2,95 m/s). Nilai rata – rata CO2 tertinggi terdapat pada lokasi pengamatan dengan persentase penutupan tajuk 65% dengan nilai 413,56 ppm.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/114/051402687
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Hasbi
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129562
Text
COVER.pdf

Download | Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download | Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download | Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download | Preview
Text
BAB_1.pdf

Download | Preview
Text
BAB_2.pdf

Download | Preview
Text
BAB_3.pdf

Download | Preview
Text
BAB_4.pdf

Download | Preview
Text
BAB_5.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item