BKG

Selaniar, Sahda (2014) Status Pengelolaan “GREEN CAMPUS” di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Permasalahan lingkungan menjadi salah satu hal yang paling utama dan paling diperhatikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Permasalahan yang sering di dengar mengenai masalah lingkungan tersebut banyak menimbulkan inovasi baru di lingkungan masyarakat khususnya di perguruan tinggi salah satunya yaitu status Green Campus. Terdapat beberapa indikator dalam status Green Campus yang dapat dijadikan sebagai ukuran apakah kampus tersebut telah benar-benar telah mencapai sebutan Green Campus, yaitu efisiensi penggunaan kertas sebagai kebutuhan pokok pengajaran, efisiensi pengolahan sampah dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, efisiensi penggunaan lahan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) dan estetika, efisiensi penggunaan listrik, efisiensi penggunaan air, efisiensi penggunaan sumber daya alam dan upaya kontribusi pengurangan pemanasan global. Ada dua indikator yang menjadi bahasan spesifik seperti permasalahan sampah dan vegetasi yang berada di RTH lingkungan Universitas Brawijaya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2013, di lingkungan Universitas Brawijaya. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat tulis, kamera, komputer dan software SPSS untuk mengolah data kusioner. Bahan yang digunakan dalam penelitian ialah data jumlah sampah organik dan non-organik, jumlah penduduk Universitas Brawijaya, jumlah kendaraan bermotor dengan jenis bahan bakar premium, serta jumlah pohon dalam lingkungan Universitas Brawijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dengan pengumpulan data primer yaitu pengumpulan jumlah bobot sampah organik dan non-organik yang ada pada pagi dan sore hari, menghitung jumlah jenis tanaman yang ada lalu diperoleh jenis tanaman yang baik dalam penyerapan emisi CO2 dan menghitung jumlah penduduk serta menghitung jumlah kendaraan bermotor terutama kendaraan berbahan bakar premium. Selain itu, dilakukan evaluasi masyarakat terhadap kebersihan dan kenyamanan dengan kusioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa luasan RTH di lingkungan Universitas Brawijaya untuk bobot sampah pada bulan Desember yaitu 5,09 ton dan bulan November 3,83 ton. Universitas Brawijaya dengan luasan 1.816.617 m2 memiliki 109 jenis tanaman dengan jumlah tanaman yang tumbuh sebanyak 6.442 tanaman menghasilkan 1.400.654,4 kg/tahun CO2 yang diserap oleh tanaman. Jumlah penduduk Universitas Brawijaya adalah sebanyak 62.848 dan menghasilkan CO2 sebesar 0,28 kg/tahun. Kendaraan berbahan bakar premium sejumlah 4.636.048 kendaraan dan menghasilkan CO2 sebesar 348,26 kg/tahun. Dari hasil diatas didapatkan bahwa jenis sampah yang memberikan kontribusi paling besar adalah sampah organik dan luasan RTH di lingkungan kampus sudah memenuhi standart Green Campus yaitu sebesar 47,8%. Kebersihan di lingkungan kampus dan permasalahan sampah masih belum teratasi dengan baik.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/100/051402563
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129547
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item