BKG

Adela, DitaHayu (2013) Studi Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Apel Manalagi (Malus sylvestris Mill.) yang Diberi Pupuk Organik dan Anorganik Di Bumiaji Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Produksi dan kualitas buah Apel Manalagi di wilayah Batu tergolong rendah yaitu 15 kg/pohon (Agusta, 2007). Salah satu faktor yang menjadi pembatas produktivitas apel di wilayah Batu adalah unsur hara. Dalam rangka meningkatkan efisiensi penyediaan unsur hara maka dilakukan kombinasi pemberian pupuk organik dan anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari aplikasi bahan organik dan anorganik terhadap pertumbuhan tanaman apel varietas Manalagi pada fase vegetatif dan awal generatif. Hipotesis adalah penyediaan unsur hara dengan bahan organik ataupun anorganik pada awal fase vegetatif akan meningkatkan pertumbuhan vegetatif tanaman apel Manalagi sehingga mengoptimalkan proses fotosintesis, persentase fruit set tinggi dan perkembangan buah hingga umur 2 bulan. Penelitian dilaksanakan di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada Bulan Maret-Mei 2013. Penelitian ini menggunakan metode survei disertai observasi yang dilakukan pada petani dimana merupakan gabungan dari observasi lapang, wawancara (interview) dengan petani, dan pengambilan sampel. Pengamatan non destruktif meliputi jumlah daun, awal terbentuk bunga, jumlah bunga, jumlah bakal buah, jumlah bakal buah dari bunga atau fruit set dan persentase jumlah buah yang terbentuk dari bakal buah. Pengamatan destruktif yang dilakukan yaitu luas daun (30 daun/pohon), diukur dengan menggunakan metode grafimetri.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/295/051311582
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Hasbi
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129410
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item