BKG

Mufarrikha, Lilik (2013) Respon Dua Kultivar Tanaman Krisan (Chrysanthemum morifolium) pada Berbagai Lama Penambahan Cahaya Buatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Krisan (Chrysanthemum morifolium) adalah tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan potensial dikembang-kan. Kualitas bunga krisan yang tidak sesuai standar pemasaran mengakibatkan harga krisan menurun. Krisan bukan tanam-an asli Indosesia sehingga untuk mening-katkan kualitas bunga diperlukan penyi-naran tambahan. Penambahan cahaya buatan yang terlalu lama akan menambah biaya produksi, sedangkan jika kurang mengakibatkan pertumbuhan krisan kurang optimal dan mempengaruhi kualitas bunga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon pertumbuhan, pembungaan dan kualitas bunga dua kultivar krisan pada berbagai lama penambahan cahaya buatan sehingga didapatkan lama penambahan cahaya buatan yang tepat untuk budidaya tanaman krisan. Hipotesis yang diajukan adalah masing-masing kultivar krisan akan menunjukkan respon pertumbuhan dan pembungaan yang berbeda pada tingkat lama penambahan cahaya buatan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2012 sampai dengan Maret 2013 di desa Junggo, Kota Batu dengan ketinggi-an 1400 m dpl. Penanaman dilakukan di dalam greenhouse dengan atap berbahan plastik UV. Alat yang digunakan pada pene-litian ini adalah timer listrik, lampu neon 18 watt, penggaris, Luxmeter, Quantummeter, Thermohigrometer, gunting kebun dan Jangka sorong. Bahan yang digunakan di antaranya bibit krisan kultivar White Fiji dan Yellow Fiji, plastik hitam perak, pupuk kan-dang berbahan dasar kotoran kambing, pu-puk Urea, SP36, KNO3. Penelitian meng-gunakan Rancangan Petak Terbagi. Seba-gai petak utama adalah lama penambahan cahaya buatan meliputi tanpa penambahan cahaya, penambahan cahaya buatan 2, 3, 4 dan 5 jam. Sebagai anak petak adalah kultivar krisan varietas Fiji yaitu White Fiji dan Yellow Fiji. Kultivar White Fiji dan Yellow Fiji mempunyai respon yang sama terhadap lama penambahan cahaya buatan sehingga tidak terdapat perbedaan yang nyata pada parameter pertumbuhan, pembungaan dan komponen hasil panen. Penambahan cahaya buatan 4 dan 5 jam meningkatkan panjang tangkai bunga yang sama panjang yaitu masing-masing sebesar 54,82% dan 55,46%, namun lebih tinggi dibandingkan penambahan cahaya buatan 2 dan 3 jam yang dapat meningkatkan panjang tangkai masing-masing sebesar 43,81% dan 51,02%. Berdasarkan parameter panjang tangkai dan diameter bunga, penambahan cahaya buatan 4 jam lebih efisien karena mampu menghasilkan kualitas bunga yang sama tinggi dengan kualitas bunga pada penambahan cahaya buatan 5 jam yaitu kualitas bunga AA, dan lebih tinggi dibandingkan kualitas bunga dengan penambahan cahaya buatan 2 dan 3 jam yang menghasilkan kualitas bunga A dan B.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/273/051310271
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Hasbi
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129390
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item