BKG

Puteri, WulanPurnama (2012) Pengaruh Dosis Pupuk Urea dan Frekuensi Panen terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tanaman kangkung darat (Ipomoea reptans Poir.) ialah sayuran daun yang telah banyak dikenal oleh masyarakat, terutama di kawasan Asia. Selain rasanya yang enak, kangkung juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Permintaan terhadap kangkung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya laju pertumbuhan penduduk dan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi di Indonesia. Meskipun kandungan gizi dan potensi hasilnya tinggi, namun cara budidaya tanaman kangkung ditingkat petani pada umumnya masih diusahakan secara sederhana dan digunakan hanya sebagai tanaman sampingan sehingga produktivitas tanaman kangkung masih tergolong rendah. Terutama untuk kangkung darat, sebagian besar petani memanen tanaman kangkung hanya satu kali dalam satu masa penanaman (sistem cabutan). Hal tersebut menyebabkan tingginya biaya tenaga kerja dan benih untuk penanaman. Padahal, apabila tanaman dipanen secara berkala (dipotong), akan didapatkan beberapa keuntungan, antara lain : tanaman lebih cepat dewasa (mature) sehingga mempersingkat waktu pemanenan. Selain itu, biaya pengolahan lahan dan penanaman dapat ditekan, pekerjaan relatif mudah, dan produksi tanaman lebih tinggi. Pada tanaman kangkung darat yang telah dikepras (potong), akan memungkinkan tumbuhnya tunas atau cabang baru yang dapat dipanen kembali. Untuk merangsang pertumbuhannya, diperlukan pupuk nitrogen dimana peran utama nitrogen bagi tanaman adalah untuk merangsang pertumbuhan secara keseluruhan khususnya batang, cabang, dan daun. Kunci pemupukan terletak pada kondisi tanah, tanaman, serta dosis pupuk yang diberikan. Pemupukan dikatakan efisien apabila unsur hara dari pupuk yang diberikan dapat diserap oleh tanaman sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri serta sesuai dengan kondisi tanah. Pemupukan nitrogen yang tepat sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk produksi tanaman kangkung darat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui frekuensi panen dan dosis pupuk nitrogen yang optimal dalam meningkatkan produksi tanaman kangkung darat yang dipanen secara kepras dibandingkan dengan panen cabut dan mengetahui frekuensi panen maksimal pada tanaman kangkung darat baik secara kualitas dan kuantitas. Hipotesis yang diajukan antara lain: (1) Diduga pemberian dosis pupuk nitrogen dan frekuensi panen yang optimum dapat meningkatkan produksi tanaman kangkung darat yang dipanen secara kepras dibanding panen cabut; (2) Diduga frekuensi kepras optimum pada tanaman kangkung darat dapat meningkatkan hasil baik secara kualitas dan kuantitas.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2012/296/05120485
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Hasbi
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129094
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item