Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Apel Lokal dan Apel Impor : Studi Kasus di Kota Malang

Reviana, Rena (2011) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Apel Lokal dan Apel Impor : Studi Kasus di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Apel merupakan salah satu komoditas andalan Jawa Timur yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Karena banyaknya manfaat dari sebutir apel bagi tubuh manusia, semakin banyak masyarakat yang menyadari dan mulai mengkonsumsi apel. Dengan demikian permintaan terhadap apel semakin meningkat dan demi memenuhi permintaan tersebut apel yang ada dipasaran selain apel lokal juga terdapat apel impor. Maka dirasa penting untuk melakukan penelitian yang mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap apel lokal dan apel impor oleh berbagai faktor atribut mengkonsumsi buah apel dalam rangka mendapatkan masukan untuk upaya meningkatkan penjualan apel lokal. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam keputusan pembelian buah apel baik lokal maupun impor dan (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai volume penjualan buah apel baik lokal maupun impor. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara "purposive" di Kota Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Accidental Sampling yang merupakan teknik pengambilan sampling secara Non Probability karena jumlah populasinya tidak dapat diketahui dengan jelas. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah konsumen akhir pembeli buah apel di Kota Malang. Dan penentuan responden untuk pedagang dilakukan dengan menggunakan metode convinience sampling. Responden yang diteliti adalah pedagang-pedagang yang berada di Kota Malang. Hasil dari penelitian ini antara lain : (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen di daerah penelitian dalam membeli buah apel baik apel lokal maupun apel impor adalah varietas/jenis, warna, ukuran dan harga. (2) Dalam penelitian ini harga jual dan stok penjualan apel lokal maupun apel impor berpengaruh nyata terhadap nilai volume penjualan. Makin tinggi harga jual dan stok penjualan buah apel lokal dan impor makin tinggi pula nilai volume penjualannya. (3) Dalam penelitian ini belum dapat disimpulkan pengaruh jenis apel (lokal atau impor), jumlah pedagang pesaing, jumlah komoditi buah-buahan lainnya yang dijual dan pengalaman berdagang terhadap nilai volume penjualan. Atas dasar hasil analisis diatas, saran yang dapat dikemukakan antara lain adalah : (1) Agar penjualan apel lokal meningkat diperlukan penentuan jenis apel yang dijual sesuai dengan kesukaan konsumen dari segi warna, ukuran dan harga yang terjangkau. Untuk itu diperlukan survey konsumen. (2) Agar nilai penjualan meningkat perlu dijaga stok penjualan buah apel sedemikian rupa sehingga dapat tersedia secara kontinyu pada harga yang terjangkau. (3) Perlu penelitian lebih lanjut yang berkenaan dengan jenis apel (lokal atau impor), jumlah pedagang pesaing, jumlah komoditi buah-buahan lainnya yang dijual dan pengalaman berdagang, terhadap nilai volume penjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2011/35/051100889
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2011 09:32
Last Modified: 22 Apr 2022 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128823
[thumbnail of 051100889.pdf]
Preview
Text
051100889.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item