BKG

ZaenalAbidin, (2008) Pengaruh Tingkat Pemberian Kalium pada Dua Taraf Pemupukan Nitrogen terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Varietas Lokal pada Umur Satu Tahun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tanaman jarak pagar ( Jatropha curcas L . ) merupakan tumbuhan semak berkayu yang berpotensi penghasil sumber energi alternatif atau energi hijau yang terbarukan (biofuel). Produksi jarak pagar bervariasi, tergantung kesuburan tanah dan iklim setempat. Perbaikan teknik budidaya, perlu dilakukan untuk memperoleh produktivitas yang optimal. Pemupukan kalium dapat meningkatkan pengambilan dan pemanfaatan nitrogen, pengaruh dari nitrogen terhadap produksi tanaman akan optimal jika tanaman tersedia kalium secara cukup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pemberian N pada berbagai penambahan K terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jarak pagar. Hipotesis yang diajukan adalah pada berbagai pemberian N akan memberi respon yang berbeda terhadap K dalam pertumbuhan dan hasil tanaman jarak pagar. Penelitian ini dilaksanakan di lahan Joyo Grand Kelurahan Merjosari Kabupaten Malang, mulai bulan Mei 2007 – Pebruari 2008. Metode yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (RPT) yang terdiri dari 2 faktor yaitu petak utama ( Main Plot ) dan anak petak ( Sub Plot ). Petak utama terdiri dari 2 perlakuan dan anak petak terdiri dari 4 perlakuan sehingga diperoleh 8 kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali. Perlakuan pada petak utama antara lain: N1 (50 kg N ha -1 ) dan N2 (200 kg N ha -1 ). Perlakuan anak petak antara lain: K0 (0 kg K 2 O ha -1 ), K1 (50 kg K 2 O ha -1 ), K2 (100 kg K 2 O ha -1 ), dan K3 (150 kg K 2 O ha -1 ). Parameter yang diamati meliputi panjang cabang, jumlah cabang, diameter cabang, jumlah daun, luas daun, kerapatan stomata, kadar klorofil, jumlah tandan bunga, jumlah kapsul, jumlah biji, berat kering biji dan hasil biji ha -1 . Selanjutnya data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan uji F taraf nyata 5%. Jika terdapat interaksi antar perlakuan, dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi antara N dan K terhadap semua parameter. Pada perlakuan dosis pemupukan nitrogen, pemberian nitrogen 200 kg ha -1 meningkatkan komponen pertumbuhan (panjang cabang, jumlah cabang, jumlah daun, luas daun), komponen hasil (jumlah tandan bunga 23.21 %, jumlah kapsul 32.79 %, jumlah biji 25.23 %, berat kering biji 31.11 % dan hasil biji ha -1 28.25 %), namun menurunkan kerapatan stomata daun sebesar 1.86 %. Pada perlakuan dosis pemupukan kalium, pemberian kalium 100 kg ha -1 meningkatkan jumlah cabang, jumlah daun, luas daun, kadar klorofil dan hasil biji ha -1 17.50 %.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2008/347/050803453
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: administrator repository
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127963
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item