BKG

Kalistasari, AgdilaOkke (2017) Isolasi Dan Karakterisasi Bakteri Asam Laktat Asal Caecum Kelinci (Oryctolagus Cuniculus) Sebagai Kandidat Probiotik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Bakteri asam laktat merupakan flora normal yang ada pada saluran pencernaan dan memiliki potensi sebagai probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme non patogen yang mampu memperbaiki keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan. Di dalam caecum kelinci terdapat banyak mikroba yang berpotensi sebagai kandidat probiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang diisolasi dari caecum kelinci diperoleh sejumlah bakteri dari sampel bilasan mukosa 1,1 ± 0,7 x105 CFU/ml dan sampel kerokan mukosa caecum 4,9 ± 3,1 x105 CFU/ml. Berdasarkan uji morfologi didapatkan 28 isolat lalu dilakukan screening menggunakan uji katalase dan pewarnaan Gram didapatkan 6 isolat terpilih yang memiliki ciri-ciri berbentuk kokus dan basil, bersifat katalase negatif dan Gram positif. Dari 6 isolat tersebut setelah dilakukan uji biokimia dan dianalisis berdasarkan nilai similaritasnya menggunakan software Clad97, menunjukkan bahwa isolat tersebut merupakan genus Lactobacillus sp. dan Lactococcus sp. Hasil uji potensi menunjukkan bahwa bakteri tersebut memiliki potensi sebagai probiotik karena mampu bertahan pada pH 2 dan garam empedu 0,3%.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/201749/051702215
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127317
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item