BKG

WalichiPrameswari, Ochima (2017) Pengaruh Pemberian Ekstrak Kecambah Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus) Terhadap Kadar Kalsium Dan Fosfor Dalam Darah Pada Kelinci New Zealand White Pasca Induksi Hormon Progesteron. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pertambahan usia pada hewan betina akan menyebabkan terjadinya penurunan kadar hormon estrogen yang menyebabkan kadar kalsium dan fosfor di dalam darah menjadi tidak seimbang dan dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh, salah satunya adalah osteoporosis. Salah satu alternatif terapi osteoporosis yang aman dan mudah di dapat adalah kecambah kacang hijau, yang mengandung fitoestrogen dan kadar kalsium yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kecambah kacang hijau terhadap kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Penelitian ini menggunakan 20 ekor kelinci betina berusia 12 bulan yang terbagi menjadi 4 kelompok perlakuan. Semua kelinci diberi perlakuan injeksi hormon progesteron kecuali pada kelompok Kontrol Negatif (Kn). Pemberian ekstrak kecambah kacang hijau dilakukan melalui sonde lambung dengan dosis pada Perlakuan 1 (P1) adalah 0.92 g/2kg BB/hari, dan pada Perlakuan 2 (P2) 1.84 g/2kg BB/hari yang diberikan selama 14 hari. Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan nyata pada setiap kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian ekstrak kecambah kacang hijau (Phaseolus radiatus) dengan dosis 1.84 g/2kg BB/ hari dapat meningkatkan kadar kalsium dan menurunkan kadar fosfor dalam darah mendekati keadaan normal.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/62/051703571
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127310
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item