BKG

Pasaribu, RizkyHolijaSaputri (2017) Pengaruh Glukosamin Dan Omega 3 Terhadap Ekspresi Tnf-Α Dan Gambaran Histopatologi Jaringan Tulang Rawan Artikular Model Osteoarthritis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Osteoarthritis (OA) adalah penyakit sendi degeneratif progresif yang berlangsung secara perlahan diikuti hilangnya kartilago pada sendi yang menyebabkan terkikisnya tulang subchondralis. Glukosamin berfungsi pada fase proliferasi penyembuhan luka sedangkan omega 3 berfungsi sebagai antiinflamasi dan metabolisme kalsium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh glukosamin dan omega-3 terhadap penurunan ekspresi TNF-α dan perbaikan gambaran histopatologi jaringan tulang rawan tikus model osteoarthritis. Penelitian ini bersifat eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hewan coba penelitian menggunakan tikus putih (Rattus novergicus) jantan dengan berat badan 150-250 gram yang dibagi menjadi 5 kelompok penelitian, yaitu kelompok A (tikus sehat), kelompok B (model osteoarthritis diinduksi larutan papain 4% pada sendi lutut tikus dengan dosis 0,2 mL pada hari ke 8, 11, 14) dan kelompok perlakuan C, D dan E diinduksi larutan papain 4% kemudian diberikan dosis terapi glukosamin 27 mg dan omega 3 secara bertingkat 1,8 mg, 3,6 mg dan 5,4 mg pada hari ke 17-32. Pemeriksaan ekspresi TNF-α menggunakan metode imunohistokimia (IHK) dan pemeriksaan histopatologi jaringan tulang rawan artikular menggunakan pewarnaan Hemaxtocylin-eosin (HE) diamati dengan menggunakan mikroskop perbesaran 400x. Data kuantitatif dianalisa menggunakan One-Way ANOVA, dengan α = 0,05 dan data deskriptif berdasarkan pemeriksaan dari susunan kondrosit jaringan tulang rawan artikular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok E merupakan dosis optimal untuk menurunkan ekspresi TNF-α dan memperbaiki gambaran histopatologi jaringan tulang rawan artikular yang terlihat dengan tidak adanya degradasi matriks tulang rawan dan kondrosit tersusun secara vertikal. Kesimpulan dari penelitian bahwa kombinasi ekstrak glukosamin dan omega 3 dapat digunakan sebagai terapi osteoarthritis.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/6/051702013
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127307
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item